21 Feb 2015

Pendaftaran Pelatihan Dosen Bahasa Arab di Universitas Ummul Quro Mekkah

Peserta Dauroh Angkatan  Februari 2015 (sumber : FB Zulheddi)
Pusat Pengajaran Bahasa Arab bagi selain penuturnya, yang berada di bawah Universitas Ummul Quro Mekkah Kerajaan Saudi Arabia, berencana mengadakan agenda tahunan berupa Pelatihan Pengajaran Bahasa Arab untuk para dosen-dosen bahasa Arab di tingkat universitas. Pelatihan intensif ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para dosen Bahasa Arab, sekaligus juga untuk membekali mereka dengan berbagai pengalaman dan pengetahuan dalam bidang Bahasa Arab. Diharapkan setelah selesainya pelatihan ini, bagi mereka yang terpilih mengikutinya akan memiliki dorongan kuat untuk memperbarui semangat dan usaha mereka di bidang pengajaran bahasa Arab, dimana itu semua bisa dilihat dari apa yang akan mereka lakukan dalam usaha pengembangan bahasa arab di kampus mereka masing-masing.

Direncanakan peserta pelatihan dosen bahasa Arab ini, 20 peserta dari Indonesia, dan 20 lainnya dari berbagai negara seperti Senegal dan Guinea dari Afrika. Pelaksanaan Pelatihan diadakan di Universitas Ummul Quro Mekkah, dimana para peserta akan ditempatkan di hotel di samping universitas, dengan fasilitas makan dan transportasi lokal, serta juga tiket PP Jakarta-Jeddah.

WAKTU PELATIHAN 

Diagendakan pelatihan ini berlangsung intensif sebulan penuh, mulai dari 10 Syawal hingga 12 Zulqa’dah 1436, atau bertepatan dengan 26 Juli – 27 Agustus 2015.

SYARAT PENDAFTARAN PESERTA

1. Calon Peserta hanya berasal dari propinsi sebagai berikut, yang dibuktikan melalui KTP : Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Bali, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimanta Utara, Kalimantan Tengah, Bangka Belitung, Lampung, Sumatra Selatan, Bengkulu, Jambi, Riau dan Kepulauan Riau.

2. Calon Peserta minimal memiliki ijazah S2 ( Magister)
3. Calon Peserta adalah Dosen Bahasa Arab di tingkat Universitas.
4. Memiliki kemampuan berbicara dan menulis dengan bahasa Arab fushah secara baik.
5. Umur Calon Peserta saat berlangsungnya pelatihan tidak lebih dari 40 tahun
6. Memiliki persiapan untuk mengikuti pelatihan dan mampu memenuhi syarat-syarat administrasi

TAHAPAN PENDAFTARAN & SELEKSI

1. Bagi yang berminat mengikuti pelatihan bisa mengisi form Biodata Pribadi yang ada di SINI , dan mengirimkan ke email : uq.indonesia@gmail.com , dengan melampirkan file scan dokumen berikut :
a. Scan KTP
b. Scan Paspor yang masih berlaku minimal setahun terhitung dari akhir Desember 2015
c. Scan Kartu Kuning Vaksinasi Anti Meningitis yang masih berlaku
d. Scan Pas Foto Berwana dengan ukuran 6 x 6

2. Paling lambat pendaftaran dan pengiriman file di atas pada Sabtu, 28 Februari 2015
3. Para Musyrif akan mempelajari berkas file yang telah dikirim, untuk kemudian akan dilakukan wawancara via telepon dengan bahasa arab, pada periode 2-6 Maret 2016, antara jam 8 pagi hingga 4 sore waktu Indonesia bagian Barat, 
4. Pengumuman hasil seleksi akan dikirim via email, dan juga pemberitahuan bagi mereka yang lulus akan melalui telpon langsung dan email.

Untuk keterangan lebih lanjut, bisa hubungi kontak dan nomor berikut :
1. Dr, Sofwan Manaf , Direktur Pesantren Darun Najah  0811805905
2. Dr. Faisal Hendra , Dekan Fakultas Bahasa dan Adab Universitas Al Azhar Indonesia 081290344441
3. Nur Hizbullah , Ketua Bagian Bahasa & Sastra Arab Universitas Al Azhar Indonesia 087878887696

Sumber artikel ini, sekaligus pengumuman  dan formulir versi bahasa Arab bisa dilihat --> http://darunnajah.com/2015/12103

Silahkan disebar agar semakin luas kemanfaatan, semoga Allah SWT memberikan keberkahan.
Salam optimis.

1 komentar: