Adab Hutang Piutang ( Plus Materi Powerpoint )

Posted by

Kehidupan bagai roda yang terus berputar, terkadang di atas dan terkadang di bawah. Kondisi manusia pun tidak jauh berbeda. Terkadang penuh kelapangan, dan terkadang kekurangan dan membutuhkan bantuan.  Karena itulah, dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat kita, hutang piutang tidaklah menjadi sesuatu yang asing. Begitu pula Syariat Islam yang indah juga melihat secara umum, bahwa aktifitas hutang piutang atau pinjam meminjam, sejatinya adalah salah satu bentuk pelaksanaan ajaran tolong menolong antara manusia yang sangat dianjurkan dalam Islam.
Allah SWT berfirman :  Bertolong-tolonglah kamu dalam kebaikan dan dalam melaksanakan takwa, dan jangan kamu bertolong-tolongan dalam dosa dan permusuhan. (QS Al-Maidah : 2)

Keutamaan Memberi Hutangan

Syariat Islam menjanjikan serangkaian keutamaan bagi mereka yang memberikan pinjaman kepada saudaranya dengan niatan yang tulus penuh keikhlasan.  Seseorang yang mau membantu saudaranya saat ditimpa kesulitan, maka Allah SWT akan membantunya  di akhirat nanti. Rasulullah SAW bersabda : “ Barang siapa yang membebaskan atas diri seorang muslim, satu penderitaan dari penderitaan2 di dunia, maka Allah akan mengangkatnya dari kesulitan pada hari kiamat. Barang siapa memudahkan  kesusahan yg ada pada seseorang, maka Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat.” (HR Muslim)

Keutamaan yang lain adalah, bahwa pahala memberikan hutang atau pinjaman ternyata lebih besar dari seorang yang menyedekahkan hartanya. Diriwayatkan bahwasanya Rasulullah SAW mengatakan : “ Saya melihat pada waktu di-isra’-kan, pada pintu surga tertulis “Pahala shadaqah sepuluh kali lipat dan pahala pemberian utang delapan belas kali lipat” lalu saya bertanya pada Jibril “Wahai Jibril, mengapa pahala pemberian utang lebih besar?” Ia menjawab “Karena peminta-minta sesuatu meminta dari orang yang punya, sedangkan seseorang yang meminjam tidak akan meminjam kecuali ia dalam keadaan sangat membutuhkan”. (HR Ibnu Majah)

Anjuran Menghindari Hutang
Meskipun aktifitas hutang piutang bukanlah hal yang tercela dalam Islam, namun sejak awal syariat kita menganjurkan kepada kita untuk menahan diri agar tidak berhutang kecuali benar-benar terpaksa.  Karena tanpa disadari, seorang yang berhutang akan tersiksa dengan hutangnya secara tidak langsung. Rasulullah SAW pun berdoa untuk terhindar dari lilitan hutang , beliau berdoa : “ Ya Tuhanku! Aku berlindung diri kepadaMu dari berbuat dosa dan hutang. Kemudian ia ditanya: Mengapa Engkau banyak minta perlindungan dari hutang ya Rasulullah? Ia menjawab: Karena seseorang kalau berhutang, apabila berbicara berdusta dan apabila berjanji menyalahi." (HR Bukhari)

Bahkan anjuran untuk menghindari hutang ini digambarkan dalam beberapa riwayat, dimana Rasulullah SAW tidak ingin menyolatkan mereka yang meninggal dalam keadaan berhutang, tetapi menyuruh para sahabat untuk mensolatkannya. Diriwayatkan bahwa suatu ketika Rasulullah SAW didatangkan jenazah orang yg berhutang, maka beliau bertanya apakah ia meninggalkan harta untuk melunasi hutangnya. Jika diberitakan bahwa ia meninggalkan harta untuk melunasi hutangnya, Rasulullah mensholatinya, jika tidak maka Rasulullah mengatakan kepada kaum muslimin : sholatilah sahabatmu (HR Muslim)

Namun hal di atas tidak berlangsung untuk seterusnya, setelah masa fathu makkah (kemenangan atas makkah ), setiap kali ada yang meninggal Rasulullah SAW senantiasa menegaskan : “ jika ia berhutang dan tidak meninggalkan harta, maka aku adalah walinya, namun jika ia meninggalkan harta yang cukup maka itu untuk ahli warisnya “

Adab dalam Hutang Piutang
Pertama : Niatan kuat untuk membayar
 Seorang yang berhutang hendaknya sejak awal meniatkan untuk membayar dengan segera dan bukan menunda-nunda, apalagi meniatkan untuk tidak membayar, hal tersebut tergolong dalam keburukan yang dicela dalam sabda Rasulullah SAW :
من أخذ أموال الناس يريد أداءها أدى الله عنه، ومن أخذها يريد إتلافها أتلفه الله ".
“barang siapa mengambil pinjaman harta orang lain dengan maksud untuk mengembalikannya maka Allah akan menunaikan untuknya, barang siapa yang meminjam dengan niatan tidak mengembalikannya, maka Allah akan memusnahkan harta tersebut” (HR Bukhori)

Kedua : Tidak ada perjanjian kelebihan dalam pengembalian saat akad terjadi
Dalam kaidah dikatakan, “ setiap pinjaman yang mengandung unsur kemanfaatan maka hukumnya masuk kategori riba “. Karenanya, kita perlu berhati-hati saat melakukan aktifitas hutang piutang, jangan sampai mensyaratkan kelebihan atau tambahan saat pengembalian, meskipun kelebihan tadi bukan uang tapi barang misalnya.

Ketiga : Menuliskan pernyataan bagi yang berhutang
Pada saat ini fungsi akuntansi atau pencatatan transaksi sudah menjadi kebutuhan, karena begitu padat dan rumitnya jenis aktifitas ekonomi seseorang. Syariat Islam kita juga menganjurkan kepada kita untuk menaruh perhatian dalam masalah pencatatan hutang piutang tersebut, Allah SWT berfirman : “ Dan hendaklah orang yang berutang itu mengimlakan (apa yang akan ditulis itu), dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya, dan janganlah ia mengurangi sedikit pun “ daripada utangnya.”  (QS Al Baqoroh 282)
Dengan adanya pencatatan hutang piutang, maka hal ini menjadi upaya mencegah terjadinya konflik  dan pertikaian antara pihak-pihak yang melakuan transaksi tersebut.

Keempat : Memperbanyak Doa bagi yang berhutang
Berhutang menumbuhkan perasaan beban dalam hati, selain upaya untuk melunasinya dengan giat bekerja dan berusaha, kita juga dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT agar terbebas dari lilitan hutang. Doa yang penuh kesungguhan juga akan menjadi semacam terapi untuk meringankan beban hutang tersebut. Rasulullah SAW mengajarkan doa khusus dalam masalah ini :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحُزْنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ.
“Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.”(HR Bukhori)

Keenam : Tidak Menunda Pembayaran.
Hendaknya kita berusaha untuk menyegerakan pelunasan hutang, karena itu menjadi bagian dari komitmen seorang muslim yang harus berusaha menepati janji yang keluar dari lisannya. Apalagi jika kondisi benar-benar telah lapang dan mempunyai kemampuan, maka sikap menunda-nunda hanya akan menambah sikap tercela dalam diri kita. Rasulullah SAW bersabda :Menunda-nunda pembayaran hutang oleh orang-orang yang mampu adalah suatu kezhaliman. (HR Abu Daud)

Ketujuh : Menunaikan dengan Sempurna
Meskipun kelebihan pengembalian yang disebutkan di awal akad hutang piutang diharamkan dalam Islam, namun melebihkan pengembalian pinjaman yang benar-benar atas inisiatif yang berhutang - tanpa paksaan dan penuh dengan keridhoan- justru merupakan akhlak mulia yang dicontohkan Rasulullah SAW. Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Rosululloh telah berhutang hewan, kemudian beliau bayar dengan hewan yang lebih tua umurnya daripada hewan yang yang beliau hutang itu”, dan Rasululloh bersabda, “Orang yang paling baik diantara kamu ialah orang yang dapat membayar hutangnya dengan yang lebih baik”. (HR. Ahmad & Tirmidzi).

Kedelapan : Bagi yang menghutangi, hendaknya memberi Tenggang Waktu
 Khusus bagi yang menghutangi, adab yang harus dijaga adalah cara penagihan yang ihsan yaitu dengan tetap menjunjung tinggi ukhuwah sesama muslim.  Jika memang kondisi yang berhutang benar-benar tidak memungkinkan, maka anjuran Islam bagi kita adalah memberikan toleransi waktu, Allah SWT berfirman :
Dan jika (orang berutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui (QS al Baqoroh 280)

Akhirnya, semoga kita semua mendapat keberkahan dan kemudahan dalam rejeki kita, dan segera terbebas dari beban hutang yang ada. Wallahu a’lam.

untuk adab hutang piutang lebih lengkap, anda bisa pelajari melalui materi powerpoint, silahkan anda unduh melalui link berikut.


http://www.4shared.com/file/JdvSU_S0/Adab_Hutang_Piutang.html

Semoga bermanfaat dan salam optimis.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 1/21/2011

28 komentar:

  1. sebenarnya meminjam uang di bank itu haram atau tidak sih?

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum, ustadz izin ambil buat isi kajian. :)

    Blog walking ya tadz ke tempat faqih..hehe. syukran.

    BalasHapus
  3. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Elina Johnson perusahaan pinjaman kita terbatas dalam memberikan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui elinajohnson11@hotmail.com

    PEMOHON DATA:

      1) Nama Lengkap:
      2) Negara:
      3) Alamat: a
      4) Negara:
      5) Sex:
      6) Status Pernikahan:
      7) Pekerjaan:
      8) Nomer Telpon:
      9) Saat ini posisi di tempat kerja:
      10) Pendapatan Bulanan:
      11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
      12) Pinjaman Jangka waktu:
      13) Tujuan Peminjaman:
      14) Agama:
      15) Apakah Anda menerapkan sebelum;
      16) Tanggal lahir;
      terima kasih,
    Mrs Elina Johnson

    BalasHapus
  4. Halo sesama Indonesia, saya ingin Anda untuk membantu saya berterima kasih kepada Tuhan karena telah menyelamatkan hidup saya melalui bantuan Mrs. Obi Esther. Saya sangat sakit di rumah sakit dengan demam typhod, dan saya tidak bisa membayar tagihan rumah sakit saya karena saya tidak memiliki Bill Rumah Sakit, jadi saya mengambil pinjaman di internet dan mereka meminta saya untuk membayar biaya, pajak, asuransi, dll , dan setelah pembayaran saya tidak mendapatkan pinjaman saya, mereka tertipu saya dan menipu saya, ini terjadi pada saya di 6 pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di sini di internet, saya kemudian tahu bahwa mereka adalah scammers dan penipuan. Kondisi saya menjadi sangat penting dan saya berada di titik mati sebelum perawat di rumah sakit mengatakan kepada saya tentang di mana ia mengambil pinjaman dan itu nyata dan asli, dia memperkenalkan saya kepada Ibu Obi Esther, di mana saya mengajukan pinjaman dari Rp500.000.000 dengan tingkat 2% (2 persen), dan pinjaman itu disetujui tanpa agunan, saya hanya mendaftar dengan mereka becasue mereka mengatakan istilah perusahaan dan kondisi bahwa semua pelanggan harus mendaftar sebelum obtanining pinjaman, dan setelah pendaftaran saya punya saya Pinjaman 2 jam setelah mereka mengkonfirmasi pendaftaran saya. Pinjaman dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa stres. Saya ingin memberitahu semua orang untuk membantu saya berterima kasih kepada Ibu Obi Esther untuk membantu saya dengan pinjaman yang menyelamatkan hidup saya. Pleae jika Anda sedang mencari untuk pinjaman di internet, Anda harus sangat berhati-hati, dan saya ingin saran Anda bahwa mereka begitu banyak curang dan scammers di sini di internet. Aku akan nasihat Anda bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik menerapkan mana saya diterapkan yang asli dan nyata hanya dengan registrasi saja dan tidak ada jaminan. hubungi Ibu Obi Esther jika Anda membutuhkan pinjaman asli dan benar tanpa scammed atau ditipu, email nya obi.loanfirm@gmail.com. dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya di ivhaandriani@gmail.com. Tuhan memberkati Anda semua

    BalasHapus
  5. Anda memiliki utang, sewa dibayar atau yang Anda menolak pinjaman di bank?
    Tim kami akan membantu dalam memecahkan masalah Anda dengan tingkat bunga 2%.
    Kami merekomendasikan pinjaman cepat untuk tujuan apapun. Hanya kartu ID, verifikasi cepat, formalitas minimum, penerimaan tinggi proposal dan pengambilan kredit untuk serendah 15 menit.
    Tanpa perlu memberikan bukti pendapatan. Kami punya jumlah pinjaman yang tinggi hingga 500 Juta GBP.
    Jangka waktu pengembalian kami adalah dari 6 bulan sampai 20 tahun. Tidak ada pemeriksaan kredit atau sejarah kredit.
    Datang kepada kami, kami menangani semuanya dalam satu hari.
    Hubungi kami hari ini melalui email kami: cinderrela.loanfilm@gmail.com

    BalasHapus
  6. Selamat Siang,
    Saya seorang investor swasta. Memberikan pinjaman aman dan tidak aman garansi
    Bisnis pria dan wanita yang dalam transaksi bisnis, mobil
    pembelian, pinjaman pembelian rumah dan pinjaman pribadi lainnya dll kita berikan
    pinjaman jangka panjang selama lima sampai lima puluh tahun maksimum dengan tingkat bunga 3% dalam hal ini
    Anda juga dapat mengetahui berapa banyak yang Anda butuhkan untuk Anda untuk mengirimkan
    syarat dan kondisi yang jika Anda benar-benar tertarik untuk mendapatkan pinjaman
    kami, hubungi kami melalui email; poetjonesfinancialservices@gmail.com
    Mr.Allen Smith

    BalasHapus
  7. Halo, saya Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (saintsloancompany@gmail.com)

    BalasHapus

  8. Selamat Siang,
    Saya seorang investor swasta. Memberikan pinjaman dijamin dan jaminan tanpa jaminan
    Bisnis pria dan wanita yang dalam transaksi bisnis, mobil
    pembelian, pinjaman pembelian rumah dan pinjaman pribadi lainnya dll kami memberikan
    pinjaman jangka panjang selama lima sampai lima puluh tahun maksimum dengan tingkat bunga 3% di ini
    Anda juga dapat mengetahui berapa banyak yang Anda butuhkan untuk mengirimkannya kepada Anda
    syarat dan kondisi yang jika Anda benar-benar tertarik untuk mendapatkan pinjaman
    kami, silahkan hubungi kami melalui email; poetjonesfinancialservices@gmail.com
    Mr.Allen Smith

    BalasHapus
  9. Halo orang saya, apakah Anda membutuhkan pinjaman ?, apakah Anda di stres keuangan yang baik mariam suleiman akan membantu Anda keluar dari masalah keuangan Anda, saya berada di utang akan kehilangan rumah saya dan bisnis saya, ibu yang baik mariam suleiman membantu saya dengan uang untuk memecahkan masalah keuangan saya, memang dia adalah seorang wanita yang baik, memetikan Anda memiliki masalah keuangan, Anda membutuhkan uang untuk bisnis Anda, Anda perlu uang untuk membayar tagihan Anda atau membeli rumah, apa yang pernah Anda butuh uang untuk, pergi ke ibu yang baik dia akan membantu Anda keluar, dia telah melakukannya untuk saya sebelum dan saya tahu dia terlalu baik dan dia akan berada di sana untuk membantu Anda keluar, dia memberikan pinjaman nya di 2%, hubungi ibu yang baik untuk pinjaman Anda melalui email: mariamsuleimanloanfirm@gmail.com dan menghubungi saya di email saya: aetunie@gmail.com jika Anda membutuhkan arah, Allah adalah besar.

    BalasHapus
  10. Halo,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Eden Jane, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka peluang keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dimengerti. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (edenloanfirm@hotmail.com)

    BalasHapus
  11. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk memecahkan kebutuhan keuangan Anda? kami menawarkan pinjaman mulai dari 5,000.00 ke 250,000,000.00 Max, kita dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, tidak ada pemeriksaan kredit dan menawarkan 100% dijamin pinjaman luar negeri selama seluruh periode sini. Kami juga mengeluarkan pinjaman dalam euro, sterling dan dolar nilai tukar pada semua pinjaman adalah 2% jika Anda tertarik kembali kepada kami Via marycoleloanscompany@gmail.com.with informasi berikut:
    Nama Anda:
    negara:
    kota:
    alamat:
    jumlah yang diperlukan:
    durasi waktu:
    usia:
    seks:
    pekerjaan:
    Telepon tidak ada:
    Terima kasih.
    mrs Mary

    BalasHapus
  12. Ini adalah satu-satunya kesempatan untuk mencapai kesempatan Anda lama ditunggu karena kami menawarkan pinjaman dari setiap jumlah pada tingkat bunga yang sangat rendah 2%.
    Apa yang kamu tunggu? jika memperoleh pinjaman telah Anda keinginan terbesar, dan Anda selalu ditolak, maka tidak khawatir lagi karena kami di sini untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan.
    Menulis kami melalui Alamat Email gratis dan umum kami.
    lizzybanksfinancier@gmail.com

    BalasHapus
  13. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu.
    Kami meminjamkan dana untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2% .Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami membuat handal dan bantuan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman.

    Jadi hubungi kami hari ini via email di: sandrafitraloanfirmltd@gmail.com

    Salam Hormat,

    Sandra Fitria

    BalasHapus
  14. Apakah Anda mencari pinjaman untuk memberdayakan bisnis Anda? pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman mobil, pinjaman rumah, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll .... atau yang Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih reasons.You berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda! Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada kedua perusahaan yang tinggi dan yang akan datang dan individu swasta di 2%. Tujuan. Silahkan hubungi kami melalui

    Email: moonlightfinancialloan@gmail.com
    terima kasih,
    Mrs Jean Nikolich.

    BalasHapus
  15. Apakah Anda telah mencari bantuan keuangan mendesak? Anda perlu pinjaman mendesak untuk membayar tagihan dan utang yang ada? Anda mencari bisnis rumah dan pinjaman pribadi, hubungi kami sekarang dengan info di bawah ini.

    Nama Anda:
    negara:
    Jumlah Pinjaman:
    durasi:
    pekerjaan:
    Tujuan dari pinjaman?
    Nomor Telepon:

    Catatan: Semua tanggapan harus maju Hubungi kami sekarang melalui: anitacharlesloancompany@gmail.com atau anitacharlesloancompany@mail.com Terima kasih sudah datang.

    BalasHapus
  16. Saya Fatimawati, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS.Who yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah QUALITYLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu. Tapi qualityloan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: qualityloanfirm@asia.com. Email pribadi saya sendiri: fatimatu.said99@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  17. Aku harus bersaksi tentang Perbuatan Baik dari Miriam Suleiman Badan Kredit.
    Saya tidak pernah berpikir saya akan sepanjang hidup saya bertemu seseorang seperti Nyonya Mariam, Dia adalah permata yang langka, saya Nie Aetu dan saya mengambil waktu saya untuk bersaksi tentang Mrs Mariam Karena dia akhirnya Ditawarkan apa tidak ada orang lain bisa,
    Saya dan suami saya masuk ke utang yang sangat besar dengan Debitur dan Bank dan kami mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua juru kamera tidak berhasil. Sebaliknya Mereka membawa kita ke dalam lebih banyak utang dan berakhir meninggalkan kami, Broke Sampai aku datang ke dalam kontak dengan Mrs Mariam, Dia Menawarkan pinjaman meskipun pada awalnya saya takut wont berakhir seperti pinjaman perusahaan lain yang saya telah menemukan tapi dia tidak seperti mereka, Sekarang kami telah Akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa dari pinjaman.
    Hubungi Mrs Mariam melalui The email Mengikuti.
    mariamsuleimanloanfirm@gmail.com Atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk arahan lebih lanjut aetunie@gmail.com

    BalasHapus
  18. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    PEMINJAM DATA'S
    (1) Nama Lengkap:
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  19. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita dan Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda ?? Apakah Anda membutuhkan modal untuk memulai bisnis? Apapun masalah pinjaman Anda mungkin, di sini datang membantu Anda karena kami menawarkan pinjaman kepada individu dan perusahaan pada tingkat bunga rendah dan terjangkau.
    Hubungi kami hari ini di (carrenbenfirm@outlook.com atau carrenbenfirm@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman Anda hari ini.

    BalasHapus
  20. Halo, saya ibu Kim Ashton, lender pinjaman pribadi memberikan hidup waktu kesempatan pinjaman. Anda Butuh mendesak pinjaman untuk melunasi utang atau utang Anda-Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda pernah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan konsolidasi pinjaman atau hipotek? Tidak terlihat lagi karena kita berada di sini untuk semua masalah keuangan Anda di masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit yang buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, berinvestasi dalam usaha sebesar 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami menyediakan bantuan yang dapat diandalkan dan Penerima dan akan bersedia menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (kimfinancialloanservice@gmail.com)

    BalasHapus
  21. Halo,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Mr Angelo Colaneri, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka peluang keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dimengerti. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (colaneri007@gmail.com)

    BalasHapus
  22. Hello Am Puan, Morgan Debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan boleh dipercayai memberi pinjaman
    atas terma yang jelas dan mudah difahami dan syarat pada kadar faedah 2%. dari
    $ 12000 kepada $ 7000000 USD, Euro Dan Pounds Sahaja. Saya memberi Pinjaman Perniagaan,
    Pinjaman Peribadi, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Kereta Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bil. jika anda
    memerlukan pinjaman apa yang anda perlu lakukan adalah untuk anda untuk menghubungi saya secara langsung
    di: morgandebra1986@gmail.com
    Tuhan memberkati Anda.
    Yang benar,
    Puan Morgan Debra
    E-mel: morgandebra1986@gmail.com


    Nota: Semua jawapan hendaklah dihantar kepada: morgandebra1986@gmail.com

    BalasHapus
  23. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk investasi yang lebih besar? Pinjaman untuk ekspansi bisnis? Pinjaman untuk investasi baru? Pinjaman untuk melunasi tagihan dan utang jangka panjang. Cari modal keuangan pinjaman perusahaan tidak lagi, dalam hubungannya dengan modal keuangan pinjaman perusahaan, menawarkan tingkat bunga yang rendah pinjaman, tanpa agunan. Kami di sini untuk Taruh dan akhir untuk kemiskinan dan pengangguran, karena setiap orang memiliki / nya sendiri potensial. Hubungi kami hari ini dan Anda akan menjadi salah satu pelanggan kami yang terhormat.

    Terima kasih atas dukungan Anda.

    MODAL PINJAMAN KEUANGAN PERUSAHAAN
    Email: capitalfinancialloanfirm@gmail.com
    Mrs Joanne Drew

    BalasHapus
  24. BERLAKU UNTUK KREDIT ANDA

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda dalam stres keuangan? Anda perlu Uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan merasa sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya?
    Di sini kita memiliki jawaban dan kemampuan di MichelleN Haward Badan Kredit kami membantu untuk individu dan bekerja sama perusahaan untuk menawarkan jenis pinjaman publik atau siapa pun yang membutuhkan bantuan keuangan.
    Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan di bawah kondisi yang sah dan wajar.
    Anda dapat menghubungi kami melalui email hari ini michellenhawardloans@gmail.com dan kami akan merespon secara bertanggung jawab.

    Catatan: Kami tidak pinjaman di bawah Rp20,000,000 dan semua pemohon harus di atas 18 tahun untuk menghindari ilegalitas.
    Terima kasih untuk kepatuhan Anda.

    BalasHapus
  25. Allah menjadi kemuliaan, yang Anda cari pinjaman? tolong saya menyarankan setiap orang di sini untuk sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak lender pinjaman palsu di sini. saya telah menjadi korban dari 8 pemberi pinjaman kredit palsu, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. i hampir meninggal di proses karena saya hampir dipenjara oleh orang-orang yang saya memiliki utang dari sebelumnya teman saya memperkenalkan saya ke Lender pinjaman yang saya mencoba karena saya tidak memiliki pilihan selain untuk mencoba dan itu Lender Pinjaman asli. saya mendapat pinjaman saya dari Jeanne Roland Badan Pinjaman tanpa stres, jadi saya memutuskan untuk membuat kesaksian ini. tolong saya saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik menghubungi Jeanne Roland Badan Kredit. menghubungi mereka melalui email. di jeanne.loanfirm@gmail.com Anda masih dapat menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut di aanjayrara2015@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati

    BalasHapus
  26. Sevgili İnsanlar Merhaba
      Ben Bayan Jane Morrison ben o geldi hiçbir umut olduğunu düşündüm benim ve ailem için yaptım ve bana düşük faizli kredi seviyesi bize ben hiç düşünmemiştim% 1.5 getirerek tekrar canlı hissettiriyor ne için gerçekten minnettarım, çünkü Mrs bettyjune ben bu mektubu yazmak benim rahmetli kocam meslektaşım nihayet, bana şirkette güvenli bir kredi almak iyi bir anne iyi bir yardımcı anne Mrs Morrison beni tanıştırdı kadar hala Net samimi kredi kredi olduğunu, bu, ben bu fırsatı kullanmak istiyorum değildi demek teşekkür ederim ve Tanrı sizi korusun devam edecek çünkü orada ben (janemorrisonloanfirm @ aracılığıyla Jane Morrison bir e-posta göndermek için tavsiye herhangi bir miktar kredi arıyorsanız eğer öyleyse bana çok zaman kaybetmeden benim kredi almak yardımcı olmak için gmail.com) Daha fazla bilgi için Hepinize başarılar diliyorum bettyjunewheeler@gmail.com yoluyla bana ulaşın

    BalasHapus
  27. Halo
    Saya Nyonya Laura Rodriguez CEO Laura Pinjaman Perusahaan, A pemberi pinjaman kredit pribadi yang terdaftar dan sah. Kami memberikan jasa keuangan (KREDIT) dan kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2% pada keuangan cacat, individu, perusahaan, industri, perusahaan dan orang-orang dalam masyarakat. Dan juga mensponsori Anda untuk melepaskan bakat Anda dan mencapai tujuan Anda, kami memberikan pinjaman mulai dari US $ 2000 dan di atas ... Kami siap memenuhi kebutuhan Anda, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini secara online dan akses account online. Hubungi kami melalui Email: lauraloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  28. Halo
    Saya Nyonya Laura Rodriguez CEO Laura Pinjaman Perusahaan, A pemberi pinjaman kredit pribadi yang terdaftar dan sah. Kami memberikan jasa keuangan (KREDIT) dan kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2% pada keuangan cacat, individu, perusahaan, industri, perusahaan dan orang-orang dalam masyarakat. Dan juga mensponsori Anda untuk melepaskan bakat Anda dan mencapai tujuan Anda, kami memberikan pinjaman mulai dari US $ 2000 dan di atas ... Kami siap memenuhi kebutuhan Anda, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini secara online dan akses account online. Hubungi kami melalui Email: lauraloancompany@gmail.com

    BalasHapus