23 Des 2013

Etika Islam dalam Pergaulan Dunia Kerja (Powerpoint)

Dunia kerja menjanjikan banyak tantangan sekaligus godaan. Tantangan bagi seseorang untuk mencapai prestasi dan karir yang terus menanjak tinggi. Menghadirkan semangat menghadapi hari-hari penuh agenda pekerjaan nan menantang. Namun pada sisi lain, juga ada jebakan sekaligus godaan tentang bagaimana menjaga hati dan perasaaan di tengah pergumulan dunia kerja. Delapan jam sehari atau bahkan lebih bergaul antar karyawan tentulah akan menghadirkan banyak hal dan ujian, dari mulai rasa ketertarikan hingga bahkan permusuhan dan persaingan.

Islam melihat pekerjaan sebagai bagian dari ibadah, memberikan kemanfaatan kepada orang lain, sekaligus mendapatkan penghasilan untuk nafkah keluarga. Karenanya, bekerja adalah mulia, menjaga kehormatan diri dan keluarga.Sangat jauh berbeda dengan kondisi mereka yang meminta-minta untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Inilah yang jelas disebutkan oleh lisan Rasulullah SAW yang mulia : " Demi Allah, sekiranya seorang diantara kamu mengambil talinya, kemudian (dengannya mencari) dan memanggul kayu bakar di punggungnya, itu lebih baik dari pada ia mendatangi seseorang meminta-minta." (HR Bukhori )

Dalam riwayat yang lain Rasulullah SAW juga memotivasi kita bahwa kelelahan yang biasa kita alami di sore hari saat bekerja, insya Allah akan menggugurkan dosa. Sungguh luar biasa saat beliau menegaskan hal ini dalam haditsnya : "Barang siapa yang sore hari  kelelahan lantaran pekerjaan yang telah dilakukannya, maka ia dapatkan sore hari tersebut dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT." (HR. Thabrani) . Bukan hanya itu, namun kecintaan Allah SWT dijanjikan akan diberikan kepada mereka yang bekerja dengan sungguh-sungguh, penuh integritas dan profesionalisme. Rasulullah SAW bersabda :” Sesungguhnya Allah SWT mencintai jika seorang dari kalian bekerja, maka ia itqon (profesional) dalam pekerjaannya” (HR Baihaqi).

Sungguh semua kemuliaan di atas, insya Allah bisa kita dapatkan jika kita teguh memegang adab islami dalam pergaulan dunia kerja. Pahala yang dijanjikan jangan sampai terkotori dengan godaan dalam dunia kerja, baik berupa ketertarikan kepada lawan jenis yang merusak rumah tangga, maupun permusuhan dan persaingan yang merusak ukhuwah. Keduanya sama berbahayanya, dan mari kita mencoba untuk mencegahnya sejak awal dengan saling mengingatkan dan menguatkan. Semoga Allah SWT memudahkan.

DOWNLOAD POWERPOINT ETIKA ISLAM DALAM PERGAULAN DUNIA KERJA

http://www.4shared.com/file/HRTsYyDn/Adab_Islam_di_Dunia_Kerja.html

Semoga bermanfaat dan salam optimis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar