14 Mar 2013

Kiprah Dakwah IKADI Solo yang Semakin Meriah


Raker IKADI Solo tahun 2013 di Hotel A
Segenap pengurus Ikatan Dai Indonesia (IKADI) kota Surakarta bersiap meningkatkan kiprah dakwah di masyarakat Surakarta. Tekad kuat ini tertuang dalam rangkaian program kerja yang dihasilkan dari Raker Tahunan IKADI Solo pada 16 Februari yang lalu bertempat di Hotel Arini Syariah Solo. Organisasi profesi dai yang di Solo digawangi oleh Fathul Arifin, MT ini mengambil langkah untuk bersinergi dengan elemen masyarakat dan birokrat dalam mensukseskan dakwah rohmatan lil 'alamin di kota Surakarta.

Raker yang diawali dengan upgrading berupa ceramah motivasi dari Sholihin Zero to Hero ini berlangsung seharian penuh, dengan hasil beberapa proker yang akan dijalankan antara lain : Pelatihan Manajemen Masjid, Sekolah Dai dan Muballigh, pelatihan ustadzah TPA, pengajian rutin Ahad pagi, silaturahmi alumni pelatihan, dan lain sebagainya.  Program pengajian ahad pagi ini telah berlangsung sejak lama, dilaksanakan pada pekan ke 2 dan pekan ke-4 di Masjid Abu BAkar Laweyan yang juga berfungsi sebagai sekretariat IKADI. Materi pengajian Ahad pagi adalah Tafsir Al-Quran Juz 30 oleh ust. Abdul Hakim dan Fiqh Kontemporer oleh Ustd. Bimo.Untuk memperluas jangkauan dakwah IKADI Solo juga membuat program SMS Tausiyah, buletin, dan tentu saja web yang bisa diakses di alamat : ikadisolo.com.

Pelatihan Manajemen Masjid di Graha Solo Raya
Belum sampai satu bulan paska Raker, IKADI Solo terus memacu langkah. Program Pelatihan Manajemen Masjid yang bekerja sama dengan Pemkot Surakarta dan Kemenag Solo diluncurkan pada 13-15 Maret 2013. Pelatihan tiga hari ini mengambil tempat di Graha Solo Raya, dengan mengundang peserta dari utusan resmi perwakilan 51 kelurahan yang ada di Solo ini. Materi yang disampaikan cukup beragam, dari mulai Sejarah dan Peranan Masjid pada Masa Rasulullah, Manajemen Masjid, sampai dengan sharing kisah nyata dari mereka yang telah sukses mengelola masjid. Peserta yang cukup beragam dari kalangan baik tua muda terlihat begitu bersemangat menyimak paparan materi dari para pembicara. Sessi tanya jawab pun dioptimalkan dengan pendalaman materi dan berdiskusi tentang permasalahan riil di lapangan. Diharapkan tentu acara seperti ini bisa difollow up dengan pertemuan lanjutan, agar terjadi sinergi antara takmir masjid, dalam upaya meningkatkan pengelolaan masjidnya masing-masing.

Kita ucapkan selamat bekerja untuk IKADI Solo, melanjutkan kiprah dakwah rohmatan lil 'alamin di tengah masyarakat Surakarta yang dikenal dengan kekentalan budaya dan sejarahnya.

Semoga bermanfaat dan salam optimis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar