6 Mar 2013

Download Powerpoint Kepemimpinan dalam Islam

Membicarakan kepemimpinan dalam Islam selalu menarik. Apalagi jika kita mau mengupas satu demi satu karakteristik seorang pemimpin dalam Islam, maka sungguh pada Rasulullah SAW semua itu kita bisa dapatkan. Rangkaian kisah dalam sejarah kehidupan beliau menginspirasi nilai-nilai leadership sejati, yang tak akan pernah habis untuk digali dan dihayati. Namun bukan hanya soal karakteristik seorang pemimpin, perlu juga kita perjelas tentang hakikat kepemimpinan dalam islam dan urgensinya. Apakah ia sebuah kemuliaan jabatan yang bertaburan puja-puji dan citra, ataukah justru amanah yang berat membebani punggung kita, dan membuat kita selalu gelisah terjaga di malam hari ?. Apakah dibolehkan seseorang mengincar dan menginginkan sebuah jabatan kepemimpinan di masyarakatnya ? Banyak hal perlu kembali kita telaah dan cerna untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Kesempatan itu saya dapatkan Selasa pagi kemarin diminta mengisi Kuliah Umum awal masa dirosah di Pesantren Mahasiswa Arroyan Jebres Surakarta, saat panitia meminta saya untuk mengisi materi tentang kepemimpinan dalam Islam. Harapan mereka tidak banyak namun juga tidah mudah, bagaimana nanti bisa memahamkan peserta untuk bersiap menjadi pemimpin-pemimpin, baik di kampusnya atau bahkan di masyarakatnya kelak nanti.

Tentu waktu 60 menit tidak akan cukup menjawab semua keinginan tersebut. Kita semua perlu terus belajar dan menempa diri untuk melayakkan diri jika nanti ada sebuah kondisi yang menjadikan kita sebagai pemimpin dalam level apapun. Khusus kepada para santri mahasiswa Pesma Arroyan, kesempatan menempuh ilmu dirosah di pesantren adalah momentum emas dalam kehidupan Anda, maka ambillah bekal sebanyak-banyaknya sebelum benar-benar menjadi pemimpin kelak di kemudian hari. Sedikit mengingat ungkapan Umar bin Khotob, beliau berkata : Tafaqqohuu qobla an tusawwaddu ( Tingkatkanlah pemahaman sebelum kamu diangkat jadi pemimpin ). Sementara itu, Ibnu Hajar dalam Fathul Bary mengutip ucapan Imam Syafi’I ra : Idza tashoddaro al-hadts faatahu ‘ilmun katsiir ( Apabila anak muda diangkat menjadi pemimpin maka ia kehilangan banyak Ilmu )

Bagi sahabat Indonesia Optimis yang gemar berbagi inspirasi, berikut presentasi powerpoint KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM yang singkat dan sederhana, semoga bisa menjadi tambahan bahan presentasi Anda jika dibutuhkan.

DOWNLOAD KLIK LINK DI BAWAH INI :
http://www.4shared.com/file/15qr9euC/Kepemimpinan.html

Semoga bermanfaat dan salam optimis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar