27 Des 2010

Duel Dua Blackberry Killer : Nokia E71 vs HTC Snap ( Bagian 2 -Habis )


Melanjutkan postingan sebelumnya tentang Duel Nokia E71 dan HTC Snap, berikut bahasan lanjutannya :


Koneksi Internet
Untuk koneksi internet, keduanya sudah dibekali dengan fasilitas Wi-Fi 802.11 b/g yang memungkinkan untuk berinternet ria di area hotspotan gratis manapun. Tentu saja dengan syarat tersedianya baterai yang cukup tangguh, mengingat daya yang dibutuhkan untuk koneksi internet cukup besar. Baik Nokia E71 maupun Snap juga sudah menyandang kecepatan HSDPA, hanya saja Snap sedikit lebih unggul karena sudah mengusung kecepatan 7,2 Mbps, sementara E71 –karena termasuk katergori ponsel lama- cukup puas dengan kecepatanm 3,6 Mbps. Artinya, pada kondisi normal dengan sinyal yang stabil dari operator, daya jelajah Snap diperkirakan akan dua kali lebih cepat dari E71.
Hasil Sementara : Nokia ( 4 – 3 )
Navigasi
Kedua perangkat ini sudah ditanami dengan perangkat navigasi GPS Receiver sehingga memungkinkan pengguna untuk mengetahui posisi mereka dengan lebih tepat, serta mencari rute perjalanan dari peta-peta yang sudah disediakan. Untuk keperluan Navigasi, pada Nokia E71 firmware terbaru telah disediakan Ovi map atau nokia Map seri 3, yang jika kita menginginkan pelacakan secara offline sangat memungkinkan, namun terlebih dulu mendownload peta offline nya dari internet. Pada HTC Snap, aplikasi Google Map sudah terpasang sejak awalnya, sehingga memungkinkan kita untuk melakukan navigasi dan pencarian lokasi tertentu. Namun sayangnya masih menggunakan pulsa internet yang jika tidak hati-hati bisa kedodoran kantong kita. Meski dengan sedikit ‘oprekan’ kita juga bisa menginstal Garmin XT di Snap untuk lebih leluasa bernavigasi ria. Artinya, keduanya masih membutuhkan sentuhan lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang mumpuni dalam navigasi.Seimbang.
Hasil Sementara : Nokia ( 5 – 4 )
Email dan Messaging
Baik Nokia E71 maupun HTC Snap telah dibekali fasilitas email dari pabriknya masing-masing. Namun di Nokia jika ingin lebih nyaman masih perlu menginstal aplikasi Nokia Messaging atau Ovi mail. Sementara pada Snap fasilitasnya sudah terintegrasi dengan sempurna sejak awal, sehingga tinggal mensetting durasi untuk menarik email dari servernya. Keduanya juga bisa diinstal dengan aplikasi Seven jika ingin mendapatkan penerimaan email secara real time. Tapi aplikasi ini sangat tidak dianjurkan bagi yang jarang menerima email masuk, karena GPRS yang aktif terus menerus akan menguras daya baterai  secara luar biasa. Keunggulan Snap dari sisi ini juga bisa dilihat dari adanya fasilitas Inner Cycle, yaitu aplikasi untuk menyaring internet yang masuk, dan menampilkan hanya email dari orang-orang terdekat yang sudah kita tentukan di awalnya. Keunggulan Snap lainnya dari sisi ini adalah, bentuk Threaded SMS yang sangat populer di Windows mobile 6.5, sehingga SMS-an bisa berasa chatting.
Hasil Sementara : Nokia ( 5- 4) Snap
Office
Sebagai ponsel kantoran yang pintar, keduanya tidak mempunyai banyak masalah seputar pengelolaan dokumen, sheet dan presentasi. Jika di Nokia E71 ada Quickoffice, yang mampu juga mengakomodasi file office 2007, dengan syarat telah upgrade firmware terbaru. Itu berarti membutuhkan proses upgrade yang cukup lama dan signifikan. Sementara HTC Snap lebih akrab pada pengguna windows dengan Office Mobilenya, yang menyediakan fasilitas persis sebagaimana ada pada Microsoft Office. Baik Office Mobilenya Snap maupun Quick Officenya E71 mempunyai fasilitas Edit dokumen. Pada Snap meskipun tidak mempunyai fasilitas Create New, tapi bisa disiasati dengan mudah. Selain itu, keduanya sudah dibekali dengan Adobe Reader untuk membukan file format PDF. Jadi tidak ada masalah berarti disini, mengingat memang keduanya bertugas khusus di segmen ini. Seimbang.
Hasil Sementara : Nokia (6 – 5 ) Snap
Memori
Untuk memori internal Nokia E71 dibekali dengan 110 MB storage, 128 MB RAM, sementara HTC Snap lebih unggul dengan 192MB RAM, 256MB ROM.  Keunggulan HTC Snap berikutnya ada pada slot memori eksternal, yang meskipun sama-sama memakai micro SD, tapi pada Nokia E71 diberi batas maksimal 8 GB, sedangkan HTC Snap membuka peluang hingga 16 GB.  Perbedaan ini akan menjadi terasa sangat signifikan bagi mereka yang gemar menikmati film dan file-file multimedia lainnya melalui perangkat ini. Snap menang telak disisi ini.
Hasil Sementara : Nokia ( 6 – 6 ) Snap
Processor
Dari sisi ketangguhan dan kecepatan kerja mesin, Nokia E71 nampaknya harus kembali tunduk kepada kecepatan processor HTC Snap yang dibebankan pada Qualcomm  528 MHz, sementara Nokia E71 masih setia dengan ARM 11 369 MHz processor, yang setara dengan Nokia E51 dan 6120 classic. Meskipun HTC Snap memakai OS windows mobile yang terkenal lebih berat dibanding Symbian, namun dengan processor yang cukup mumpuni hal tersebut dapat di atasi.
Hasil Sementara : Nokia ( 6 – 7 ) Snap
Ketahanan Baterai
Kedua perangkat ini termasuk piawai dalam masalah beterai. Mereka menyiapkan masin-masing daya baterai 1500 mAh, dengan Nokia E71 menggunakan Lithium Polimer dan Snap dengan Lithium Ion Baterry. Dengan OS Symbian Nokia E71 berhasil mengawetkan kapasitas dan daya tahan baterainya lebih kuat dari HTC Snap. Pada kondisi pemakaian normal tanpa intenet berlebihan, Nokia E71 mampu bertahan 2,5 sd 3 hari. Sementara HTC Snap hanya sekitar 2 hari. Itupun jika keduanya kita setting standby dengan jaringan GPRS/EDGE pada sebagian besar waktunya.
Hasil sementara : Nokia (7 – 7 ) Snap
Sistem Operasi
Sebenarnya membandingkan OS ( operating system) rasanya kurang afdhol, karena ini tidak terkait langsung dengan perangkatnya, namun lebih luas dari itu. Tapi betapapun, perlu sebuah perbandingan meski sederhana. Symbian dengan kepraktisannya akan sangat populer dan mudah dipahami oleh pengguna awal. Tapi sayangnya, tampilan Homescreen nya kurang variatif, kecuali setelah dioprak-oprek oleh pakar-pakarnya.  Beda dengan HTC Snap, yang dengan WM 6.5 nya akan dengan mudah diinstal ragam macam theme. Begitu pula dengan ganti font, background dan lain sebagainya, banyak aplikasi yang disediakan untuk memodifkasi SNAP sedemikian rupa. Jika ingin bervariasi, bisa juga Anda menggunakan registry editor  untuk mengotak-atik smartphone anda tersebut. Tambah lagi,  tampilan Symbian memang terasa kurang ‘serius’ bagi sebagian kalangan yang serius, karena dengan mudah ia bisa di tiru oleh ponsel cina yang bertebaran saat ini. Kesan itu tidak didapat di WinMo 6.5, yang benar-benar mencirikan perangkat kantoran, bisnis yang elegan. Saya menangkan HTC Snap dari sisi ini !
Hasil Akhir : Nokia ( 7 – 8) Snap
Semoga bermanfaat dan salam optimis.

2 komentar:

  1. sekarang dah jamannya E72
    Hhee
    Btw apapun yg terjadi aku dukung Nokia

    BalasHapus
  2. aku suka produk nokia karena ketahanana baterai maupun dukungan aplikasi pihak ketiga. Kebetulan hapeku E63 yg merupakan adiknya E71 :D

    BalasHapus