26 Des 2010

Duel Dua Blackberry Killer : Nokia E71 vs HTC Snap ( Bagian 1 )



Setelah pada kesempatan sebelumnya saya sempat mereview dua ponsel kantoran besutan vendor ternama Nokia, yaitu E72 vs E75, maka pada kali ini saya mencoba membandingkan antara Nokia E71 dan HTC Snap. Mengapa saya membandingkan keduanya ? Alasan sederhanya mudah, pertama karena kedua ponsel tersebut saat ini sudah mulai ‘turun daun’ mengingat usianya yang mulai beranjak tua. Nokia E71 dilaunching pada tahun 2008 sebagai revolusi baru produk kantoran Nokia yang sebelumnya didominasi oleh generasi Communicator. Sementara HTC Snap baru muncul pada 2009 lalu, dan tergolong satu-satunya ponsel HTC yang masuk ke Indonesia dengan papan qwerty dalam bentuk candy bar.

Alasan keduanya adalah dari sisi harga saat ini (per Desember 2010) kedua ponsel ini nampaknya tak terpaut harga begitu jauh. Nokia E71 tidak lagi mengeluarkan produk barunya, maka produk lawas atau sekennya di pasaran jatuh pada kisaran Rp 1,3 juta. Sementara pada saat yang sama, produk HTC Snap yang gress alias BNIB (Brand New In Box) bisa di dapat dengan harga yang sama Rp 1,3 juta di Selular Shop. Namun HTC Snap cukup langka tersedia di pasaran, meskipun seri barunya ternyata tidak di semua kota ada.Alasan berikutnya, kedua ponsel ini sama-sama diklaim oleh para penggunanya sebagai Blackberry killer. Tentu saja sisi subjektif sangat mendominasi dalam pengklaiman ini, tapi tetap saja itu menjadi hak semua orang untuk berpendapat bukan.

Alasan secara khusus, saya mereview kedua ponsel kantoran ini karena keduanya sempat singgah di saku baju saya dalam waktu dua pekan ini. Jadi saya berkesempatan menjajal secara langsung kemampuan dan kecanggihan dua gadget ini. Berbeda dengan review sebelumnya tentang Nokia E72 dan E75 yang saya ulas hanya sebagai pengamat bukan sebagai pengguna. Sebagai tambahan, untuk firmware Nokia E71 yang saya review ini sudah update ke seri terakhirnya yaitu seri 500.xxx, dan untuk HTC Snap pun sudah upgrade ke seri Windows Mobile 6.5. Jadi, keduanya sama-sama siap untuk dibandingkan dengan performance terbaiknya insya Allah.

Nah, langsung saja mari kita simak perbandingan sederhana dua ponsel yang diklaim sebagai ‘pembunuh’ blackberry ini .

Desain
Keduanya sama-sama mengusung betuk candybar dengan ukuran dan berat yang tidak jauh berbeda. Nokia E71 dengan 114 x 57 x 10 mm seberat 127 g, sementara HTC Snap dengan 116.5 x 61.5 x 12 mm seberat 120 g. Nokia lebih berat karena memang bahan casingnya dari Stainles Steel, sementara HTC dari material plastik berwarna hitam doff disekujur tubuhnya. Pada sisi ini Nokia lebih unggul karena desain dan casing yang lebih kokoh dan mantap. Sementara HTC Snap meskipun mengusung desain yang cantik, tapi masih terasa ringan sehingga kadang ‘tertuduh’ sebagai ponsel cina. Padahal sejatinya HTC adalah produk Taiwan, dengan merk sebelumnya adalah Dopod yang sudah lama malang melintang di dunia PDA.
Hasil : Nokia ( 1 – 0 ) Snap 

Keyboard
Keduanya mengusung papan ketik QWERTY yang berarti menghabiskan separuh ukuran tubuh masing-masing. Keyboad Nokia lebih kecil dan rapat, meskipun dibuat dengan permukaan sedikit cembung untuk memudahkan pengetikan. Keyboard HTC Snap dengan 4 rows-nya dikenal yang terbaik setelah Qwerty motorola Q9h yang sangat-sangat lapang bagi jari sebesar apapun. Penempatan keyboard keduanya mengandung kesalahan yang diawal-awal bisa sangat menyulitkan. Untuk Nokia misalnya, penempatan tombol Z yang langsung di bawah tombol “A” serasa cukup mengganggu, karena biasanya terletak agak di bawah sebelah kirinya tombol A. Pada HTC Snap, penempatan Tab pada sebelah kiri tombol A akan sangat mengganggu di awalnya, meskipun bisa di atasi setelah penggunaan beberapa waktu. Hasilnya ? Kelapangan papan ketik HTC Snap lebih unggul dan menjadi sangat prioritas bagi mereka yang berjari besar, ataupun para fans berat  chatting dan SMS, misalnya.
Hasil Sementara : Nokia ( 1 – 1 ) Snap 

Tombol Menu
 Nokia E71 menggunakan D-pad lima arah sebagaimana seri E sebelumnya, belum menggunakan Touch Pad seperti pada E72 atau seri BB terbaru saat ini. HTC Snap menggunakan Track Ball yang pada jamannya sangat bergengsi karena sejajar dengan Blackberry. Jadi benar anggapan bahwa Trackball adalah transisi  atau peralihan dari D-pad ke Touchpad. Meskipun pada saat sekarang banyak yang menganggap Trackball rawan dan mudah rusak, namun kemudahan dalam mengakses menu sudah cukup terbukti.D-Pad pada Nokia E71 juga terbukti nyaman dan luas, namun gangguan korosi sering menyambangi ponsel nokia jenis E-series tersebut. Tanpa bermaksud menyederhanakan sensitifitas Trackball yang ditengarai mudah rusak, namun pada kondisi normal penggunaan Trackball untuk memilih menu sangat-sangat nyaman dan menarik. Snap unggul tipis pada sisi ini.
Hasil sementara : Nokia ( 1 – 2 ) Snap

Layar
 Dari sisi ukuran tidak banyak berbeda, Nokia E71 dengan ukuran 2,36 inchi yang masih terus dipertahankan pada seri berikutnya E63, bahkan E72 juga. Sementara HTC Snap mengusung 2,4 inchi. Yang membedakan keduanya adalah sisi ketajaman layar, E71 dengan TFT 16 juta warna, sementara HTC Snap dengan 65K yang merupakan kedalaman warna standar pada ponsel seri Windows Mobile. Keduanya sama-sama beresolusi 320 x 240 pikel. Pada sisi ini, ketajaman dan kecerahan layar warna Nokia E71 harus diakui keunggulannya oleh penggemar Snap.
Hasil Sementara : Nokia ( 2 – 2 ) Snap 

Kamera
Pada sisi ini Nokia jelas unggul karena dibekali dengan kamera 3,2 MP dan juga kamera depan untuk Video call. Bukan hanya itu, fasilitash lampu kilat penjayaan dan autofocus juga menjadi sisi keunggulan yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Sementara HTC Snap hanya membenamkan kamera 2 MP tanpa flash dan autofocus, sehingga pada pengambilan gambar di malam hari akan cukup mengharukan hasilnya. Pada sisi ini kembali Snap harus menyerah pada ketangguhan kamera Nokia.
Hasil Sementara : Nokia ( 3 – 2 ) Snap

Music dan Multimedia
Keunggulan Nokia E71 nampak kembali dari sisi kejernihan suara dibanding HTC Snap, baik pada sisi ringtone maupun music playernya. Meskipun jika menggunakan headset, kualitas Snap juga tidak bisa diremehkan begitu saja. Snap juga terlihat unggul dengan aplikasi windows media playernya yang begitu populer dan indah secara tampilan. Namun sekali lagi, dari sisi kualitas suara nampaknya kita tidak akan mudah begitu saja dibohongi. Maka nokia Unggul dari sisi ini.
Hasil Sementara : Nokia ( 4 – 2 ) Snap


Bersambung .....

3 komentar:

  1. bagus banget infonya.
    Makasih ya bro...
    :)

    http://ds-chords.heck.in

    BalasHapus
  2. makasih ya bro kalau begini kepengen beli hp e71

    BalasHapus