29 Jul 2010

Dari Elegant Style menjadi Template ala Kang Rohman

Menjalani dunia blog selama kurang lebih dua tahun ini, saya termasuk tipe yang tidak setia dengan template yang ada. Berkali-kali dan mungkin susah untuk diingat kembali, betapa sering saya mengganti template hanya pada hitungan beberapa hari saja. Saya sampai katakan pada istri saya, untuk masalah template blog dan handphone, tidak perlu ada istilah setia kan ?. Memang selama ini yang selalu saya cari ada template berkesan elegan, profesional, yang tidak ribet warna warni , apalagi yang berat. Maka setiap kali saya berganti template pasti bermadzhab yang tidak neko-neko. Meskipun terkadang beberapa kali saya coba template yang aneh-aneh, dan hasilnya bisa ditebak : blog saya semakin berat. Untuk loadingnya saja bisa digunakan untuk mendinginkan teh panas yang dihidangkan istri saya.

Meskipun saya sering bergonta-ganti template, tapi tidak banyak modifikasi yang saya lakukan. Hanya sebatas mengganti alamat  Menu Navigasi sederhana, serta permainan tata letak widget yang tidak seberapa rumitnya. Penggantian background dan warna pun cukup jarang saya sentuh kecuali jika benar-benar memerlukan.

Pengembaraan saya dalam menjelajahi template menemukan sebuah pemikiran, harus mendapatkan template yang sederhana,elegan, ringan dan tentunya SEO friendly. Akhirnya hati saya terpaut dengan template Elegant Style-nya mas Agus Ramadhani yang cukup populer dan dikenal sangat SEO friendly di jamannya, sekitar tahun 2008. Warna dan tampilannya cukup sederhana, ringan karena menggunakan kode CSS semata. Maka jadilah kemudian template ini menjadi bahan dasar saya.




 Kemudian tak seberapa lama, sebagai newbie saya harus melihat desain template para master dan blog yang sudah malang melintang di dunia maya. Pilihan pertama adalah blog o-om.com yang berwarna dasar putih sehingga cukup menarik bagi hati saya. Jadilah usaha saya pertama kali sedikit memodifikasi template yang ada menjadi mirip-mirip dengan template mas agus ramadhani.



Tak berapa lama saya kembali untuk merubah template, kali ini dengan aura yang lebih berwarna. Kali ini rujukan saya adalah Blog Kang Rohman, yang sejak awal memang menjadi banyak rujukan saya dalam mengoprek-oprek kode CSS dan HTML. Blog ini menarik karena isinya cukup padat tetapi ringan. Warna-warnanya pun cukup berani tajam, tapi menyejukkan untuk dipandang.


Akhirnya, saya mulai mencicil dari hari ke hari untuk memodifikasi template yang modal awalnya adalah elegant stlye untuk menjadi edisi wannabe-nya template Kang Rohman. Padahal sebenarnya kalau mau lebih praktis, barangkali menggunakan modal awal template Magazine R 1.5 tentu akan lebih cocok. Karena saya kira bahan dasar yang dipakai kang Rohman adalah template tersebut. Mulailah modifikasi saya lakukan, khususnya yang berkaitan dengan :

1.    Kotak komentar dibuat khas ala template kang Rohman, serasa lebih hidup dan dinamis. Tapi punya saya masih kurang penggunaan avatar kecil di depan nama yang komen.

2.    Model penghilangan sebagian sidebar di halaman postingan, serta tampilan utuh semua sidebar di halaman awal. Ini adalah satu hal yang membuat saya tertarik. Karena isi blog saya kebanyakan adalah artikel, sehingga membutuhkan tempat yang lebih lapang untuk meletakkannya. Sementara halaman depan cukup untuk memberikan informasi singkatnya saja.

3.    Penambahan tiga kolom di bawah header plus spacer. Ini ciri khas template magazine R 1.5 nya kang Rohman. Sesuai dengan aslinya, maka kolom ini pun saya gunakan untuk display iklan yang lebih besar.

4.    Penambahan widget kotak iklan 125 x 125, ini hanya investasi jangka panjang saja. Siapa tahu jumlah pengunjung bisa ikut terangkat naik secara berkala. Mengundang anda antau investor lainnya untuk menjadi donatur blog kami ini.

Akhirnya, saya tidak mengatakan bahwa ini adalah akhir pengembaraan saya dalam mencari template yang elegan, sederhana dan ringan. Tetapi dengan jujur saya mengatakan cukup puas dengan hasil modifikasi ini. Kepada mas Agus Ramadhani yang menyediakan bahan dasarnya yaitu template elegant-style, serta kepada kang Rohman yang blognya saya tiru habis-habisan, semoga bisa berbesar hati, dan saya ucapkan terima kasih. Salam optimis

7 komentar:

  1. Siip, Tadz... Yang ini Makin Padat Berisi, Para Tamu mempunyai banyak pilihan untuk menyantap artikel yang di butuhkan... :D

    BalasHapus
  2. pakde juga termasuk orang kagak setia pada template tertentu, bagi pakde ibarat baju, begitu melihat pajangan baju dan ada yang menarik langsung deh pakde pake, bahkan ada tempalate yang pakde pake cuma satu hari he he he....cuman pakde kagak suka modifikasi, jadi dipake apa adanya saja

    BalasHapus
  3. link download templatenya mana kang ?

    BalasHapus
  4. Mahu mencoba tetapi tidak ada kink downloadnya.

    BalasHapus