28 Jul 2010

Enam Tips Memuliakan Tamu ala Blogger Dakwah



Blog adalah ibarat rumah kita di dunia maya. Alamat blog atau domain adalah letak dan posisi rumah kita. Tanpa terasa setiap hari artikel kita dibaca oleh banyak orang yang mengunjungi rumah kita, baik secara sengaja , tersasar, atau melalui bantuan informasi dari google search engine. Mau tidak mau, suka tidak suka, mereka yang mengunjungi dan membaca artikel kita adalah tamu rumah kita di dunia maya. Dalam Islam, memuliakan tamu sangat dianjurkan secara luar biasa. Berbagai contoh teladan dalam sejarah kenabian pun telah banyak dipaparkan seputar memuliakan tamu. Nah bagaimana kita sebagai blogger dakwah memuliakan tamu atau visitor blog kita ? Berikut berapa tips praktis dan bermanfaat. Mari luruskan niat, siapa tahu ada amal kebaikan yang tercatat oleh malaikat.

Pertama : Selalu siap Menyambut Tamu dan Membuka Pintu dengan Cepat
Jangan biarkan tamu Anda mengetuk pintu terlalu lama dan tidak ada yang membuka. Atau mendapati halangan begitu banyak di depan rumah Anda, sehingga akhirnya urung untuk mengunjungi rumah Anda. Dalam masalah blog, ini erat kaitannya dengan berat tidaknya blog Anda. Jika Anda memasang widget terlalu banyak, atau tampilan postingan yang banyak di halaman depan, atau template yang sangat rumit penuh dengan background gambar, maka siap-siap saja ‘tamu’ Anda urung berkunjung dan masuk rumah karena terlalu lama menunggu di depan pintu. Ingat, tidak semua tamu punya waktu dan kesabaran yang cukup untuk menunggu. Untuk mengetes seberapa berat blog Anda, bisa anda ukur di sini. Pastikan blog Anda tidak melebihi angka 100. Bersihkan widget-widget yang tidak terlampau penting dan mengganggu.

Kedua : Buat Suasana Rumah yang Nyaman dan membuat orang Betah

Tamu akan merasa betah dan ingin kembali lagi saat menemui rumah kita dalam kondisi yang rapi dan nyaman untuk dikunjungi. Sebaliknya, jika yang ada kondisi yang porakporanda dan tidak menyejukkan mata, seperti dinding penuh corat-coret dan gambar yang tidak sopan, maka bisa jadi tamu kita langsung kabur begitu saja.  Dalam masalah blog, untuk membuat nyaman pengunjung sangat berkaitan erat dengan desain template dan warna-warni blog yang kita pasang. Template yang terlampau rumit bisa membuat pengunjung pusing tujuh keliling. Begitu juga huruf warna-warni dengan background warna yang mencolok cukup membuat tamu kita kesusahan untuk merasa nyaman dalam rumah kita. Maka perbaikilah warna dasar blog Anda agar tetap nyaman saat orang membaca artikelnya. Untuk kode warna HTML bisa Anda lihat di blog ini.

Ketiga : Berikan Hidangan yang Nikmat, Unik dan Variatif
Tamu akan merasa sangat bahagia ketika menemui hidangan di rumah Anda benar-benar berbeda dengan lainnya. Tidak hanya makanan yang itu-itu saja yang dengan mudah di dapat di rumah lainnya. Jangan lupa untuk menghidangkan makanan yang lebih variatif, meskipun sah-saja saja jika Anda ingin membuat branding bahwa rumah Anda hanya menyediakan menu tertentu saja. Kaitannya dengan blog, content blog atau isi artikel Anda adalah hidangan utama yang selalu menjadi ukuran kenyamanan para tamu. Jangan berikan artikel yang itu-itu saja, apalagi sekedar copy paste dari blog yang lainnya. Karenanya, perlu memang setiap blogger dakwah untuk terus belajar dan membaca, agar kualitas postingannya tetap terjaga. Untuk tips lebih jauh seputar content Anda bisa lihat postingan kami yang satu ini.

Keempat : Ajak berbincang dengan Ramah dan Menyenangkan

Meskipun rumah Anda selalu terbuka, dinding dan pekarangannya pun nyaman dilihat, hidangan yang ada istimewa luar biasa, tapi kalau Anda sebagai tuan rumah tidak membuka komunikasi yang ramah, tidak mengajak bicara dengan elegan, maka bisa jadi tamu Anda tidak terlalu tertarik untuk berkunjung kembali. Dalam kaitannya dengan blog,  kita harus membuka diri untuk berkomunikasi dengan pengunjung, baik melalui kotak komentar yang nyaman, buku tamu, atau shoutbox agar mereka bisa menuliskan kesan pesannya. Berikan juga panduan untuk menjelajahi rumah Anda dengan lebih cepat dan efektif, seperti : artikel terkait dan terpopuler.

Kelima : Bawakan oleh-oleh yang menyenangkan

Siapapun akan gembira jika setelah berkunjung Anda membawakan buah tangan yang unik dan berkesan. Para tamu akan sangat bahagia dan menghormati Anda. Kaitannya dengan blog, berikan kepada pengunjung kita file-file seperti e-book, atau software gratisan, atau informasi penting lainnya yang bisa didownload dan digunakan tamu kita. Ini akan membawa kesan menyenangkan dan setiap saat mereka bisa mengunjungi kita kembali. Anda juga bisa membawa oleh-oleh spesial dari kami di di sini

Keenam : Berkunjung balik agar silaturahmi tetap terjalin.

Yang keenam memang agak rumit, tapi bisa mengokohkan ukhuwah yang sudah terjalin. Jika seorang tamu telah berkunjung ke rumah kita dan meninggalkan alamat lengkapnya, maka akan sangat indah jika kita bisa melakukan hal yang sama mengunjungi rumahnya. Hubungan Anda dan mereka akan semakin kokoh. Dalam kaitannya dengan blog, maka berkunjung balik melalui blog walking atau yang semacamnya, merupakan langkah yang utama untuk menjamin kelangsungan hubungan Anda dengan para tamu.

Nah, selamat memuliakan Tamu. Semoga tamu-tamu yang lain akan segera berdatangan mengunjungi rumah Anda. Siapa tahu, suatu saat ada Tamu seorang investor yang mengetahui bahwa rumah Anda dikunjungi banyak orang, maka ia akan menitipkan pada Anda sedikit brosur untuk dibagikan pada para tamu, tentunya dengan imbalan yang menyenangkan bagi Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat dan salam optimis.

6 komentar:

  1. Subhaanallah... tips hebat untuk blogger yang digali dari nilai-nilai ISlam.

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum...
    Mau merTAMU ustad, tapi di web saja :D
    semoga sukses selalu...jangan lupa tanggal 8 Agustusnya di goro as salam. Jzk

    BalasHapus
  3. tuan rumah yang menyenangkan:D

    BalasHapus
  4. konsep "Berikan Hidangan yang Nikmat, Unik dan Variatif" tak sulit kita temui pada kebanyakan blog.. tetapi konsep "Ajak berbincang dengan Ramah dan Menyenangkan", inilah yang masih banyak dilupakan oleh sebagian blogger..

    buktinya, ketika para pengunjung berduyun2 datang ke suatu blog yang berisi konten sangat menarik/unik dan berkomentar disana, ternyata terkadang tuan rumah (yang memiliki) blognya tidak pernah ada dirumah, karena sibuk jalan2 kemana2... ujung2nya, tak pernah sekalipun ybs merespon balik tanggapan setiap tamu blognya...

    akhirnya tamu2nya tersebut hanya meninggalkan pesan seadanya dalam secuil kertas yang dipajang dipintu masuk blognya.. (baca: isi buku tamu saja atau cbox atau shoutbox dsj...)

    BalasHapus
  5. wah saya termasuk yang jarang membalas komentar, tapi bukan karena sibuk jalan2 nih mas ...

    BalasHapus
  6. ayo kenapa ni ,,,,salam kenal

    BalasHapus