12 Sep 2019

Mengenang Habibie : Deadline Sepuluh Tahun

Ketika Habibie pulang dari Jerman tahun 1974, beliau bertemu pertama kali dengan Presiden Soeharto dan langsung berdiskusi panjang lebar tentang rencananya membuat pesawat. Di akhir pertemuan, di luar dugaan pak Soeharto bertanya to the point kepada Habibie, seperti menantang : " Jadi, Kapan saya bisa melihat pesawat yang kamu ceritakan tadi ? ". Ternyata BJ Habibie pun menjawab dengan mantap : " Insya Allah tanggal 28 Januari 1984, sepuluh tahun yg akan datang. Saya akan menghadap di tempat yang sama dan di ruangan yang sama. Insya Allah, kalau umur panjang, pesawat terbang hasil rekayasa bangsa Indonesia akan meluncur ". Pak Harto kemudian menjawab singkat : " Silahkan ".
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Dan kemudian benar, sepuluh tahun berikutnya tepat pada 28 Januari 1984, BJ Habibie kembali menghadap di ruangan yg sama di Cendana, melapor : " Pak, CN-235 Tetuko sudah terbang. Begitu pula Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Serpong (sudah berdiri). ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Sebagaimana sama kita ketahui CN-235 Tetuko telah terbang perdana pada November 1983.Dan kemudian dipakai oleh banyak Angkatan Udara negara2 lain seperti Spanyol, Turki, Prancis, dll. Tetuko inilah juga yang kemudian menginspirasi proyek lanjutan menjadi Pesawat N-250 Gatotkaca yang terbang perdana tahun 1995.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Kisah di atas, melengkapi paparan slide powerpoint tentang BJ. Habibie sebagaimana gambar di atas, sudah puluhan kali saya sampaikan saat memotivasi para pemuda & remaja di forum kajian & training di berbagai tempat. Agar mereka memiliki uluwwul himmah, obsesi yang tinggi, sekaligus mampu menjadikannya sebagai target yang harus dipenuhi.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Terima kasih Pak Habibie ...
kepulanganmu dari Jerman adalah darah baru bagi perjuangan muslim di negeri ini.
Kehadiranmu menjadikan standar cita-cita anak negeri ini membumbung tinggi ..
dan prestasimu sebagai pemimpin, menjadi pelajaran penting bagi para politisi, bahwa perubahan & kemajuan bisa berlangsung dalam waktu singkat asalkan ada kegigihan & ketulusan.

#BJHabibie
#PakHabibie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar