14 Okt 2014

Pendaftaran Beasiswa Universitas Ummul Quro via Online

Siapa yang tidak merindukan Mekkah dengan keutamaan Masjidil Harom dan fadhilah ibadah Umroh di dalamnya ? Apalagi jika diberi kesempatan untuk tinggal lebih lama disana untuk menuntut ilmu-ilmu keislaman ? Tentulah banyak dari santri atau pemuda muslim di tanah air yang merindukan kesempatan mulia tersebut. Adalah Universitas Ummul Quro yang dirintis sejak 1369 H oleh Raja Abdul Aziz, kini telah berkembang pesat dan membuka kepada seluruh pemuda-pemudi kaum muslimin di seluruh dunia untuk belajar disana. Selain program pembelajaran bahasa Arab, yang sering kali diminati oleh para pelajar tanah air adalah Fakultas Bahasa Arab, Syariah , dan Fakultas Dakwah Ushuluddin.

Meskipun minat pelajar Indonesia sangat banyak, namun sangat jarang sekali pelajar Indonesia yang berkesempatan untuk belajar di Universitas Ummul Quro. Selain karena memang kuota yang diberikan pihak universitas ke pelajar Indonesia sangat sedikit setiap tahunnya, juga karena dahulu proses pendaftaran hanya menggunakan sistem murosalah atau korespondensi, yang berarti proses pendaftaran melalui pengiriman berkas dokumen ke pihak univesitas.

Alhamdulillah, sekarang dengan perkembangan zaman yang ada. Pihak Universitas Ummul Quro (UQU) Mekkah mulai membuka kesempatan lebih luas dengan menerima pendaftaran secara online, dengan tentu saja tetap melampirkan berkas-berkas yang dibutuhkan dalam bentuk file hasil scan.

Berikut beberapa persyaratan dan berkas dokumen yang perlu disiapkan, pastikan semua sudah dalam bentuk file sebelum Anda melakukan pendaftaran secara online :
  1. Beragama islam
  2. Ijazah asli dan terjemahan (nilai rata rata di ijazah minimal 8 ke atas)
  3. Akte lahir dan terjemahan
  4. Surat keterangan sehat dan terjemahan
  5. Photokopi paspor
  6. Surat rekomendasi dari perseorangan atau yayasan islam
  7. Umur pendaftar tidak lebih dari 23 tahun
  8. Pas Foto terbaru
Setelah semua lengkap dalam bentuk file, anda bisa masuk ke situs berikut untuk memulai pendaftaran online :  http://uquweb.uqu.edu.sa/admission ,  Adapun lebih detil mengenai tatacara pengisian form dalam pendaftaran online, Anda bisa membaca terlebih dahulu tips yang diberikan dalam situs kabbar makkah yang cukup lengkap.

Setelah melengkapi pendaftaran, maka hal yang dilakukan berikutnya adalah menunggu dan terus berdoa. Jika Anda berhasil, maka insya Allah Pemerintah Arab Saudi akan memberikan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai bagi para mahasiswanya, antara lain :
  • Fasilitas ruang belajar full AC
  • Dosen-dosen yang kompeten dan berpengalaman, 
  • Perpustakaan yang lengkap, 
  • Suasana kampus yang asri, 
  • Diktat kuliah gratis (sebagian universitas memberikan bantuan dalam bentuk uang buku per tahun)
  • Sarana olah raga dan kesehatan, 
  • Beasiswa per bulan yang berkisar antara SAR. 842-2500, 
  • Tiket pesawat pulang-pergi setiap liburan musim panas dan lain sebagainya. 
  • Asrama mahasiswa yang sangat nyaman dengan fasilitasnya yang lengkap
Semoga Allah SWT memudahkan, dan bantu sebarkan informasi ini agar bertambah luas kemanfaatan dan membuka peluang semakin luas bagi para pelajar tanah air untuk menuntut ilmu yang mulai langsung dari tanah harom.

Sumber :
1. https://sunnahlover.wordpress.com/2011/08/11/program-beasiswa-di-universitas-ummul-quro-makkah-al-mukarramah/
2. http://www.kabarmakkah.com/2013/12/cara-mendaftar-ke-universitas-ummulqura.html?m=1

Semoga bermanfaat dan salam optimis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar