24 Apr 2013

Download Powerpoint Adab Tawakal kepada Allah SWT

Salah satu yang sering dipahami salah oleh banyak orang adalah makna Tawakkal. Kata tawakkal sering diasumsikan sebagai sikap menyerah pasrah tanpa adanya usaha sama sekali. Sehingga banyak dengan alasan tawakkal lalu orang banyak berhenti dari upaya dan usaha. Maka kita sering dengar "jodoh ada di tangan Tuhan" atau " kalau sudah rejeki tidak kemana" sebagai upaya pelegalan atas berhentinya seseorang dari upaya yang sesungguhnya masih terbentang luas dihadapannya.

Salah satu riwayat yang jelas mengaskan bahwa Tawakkal bukan berarti berhenti dari usaha, adalah riwayat dari Anas bin Malik, seorang laki-laki bertanya pada Rasul : Ya Rasulullah, apakah aku mengikat untanya dan bertawakkal, atau aku melepaskannya dan bertawakkal. Rasulullah SAW bersabda : ikat dia lalu bertawakallah (HR Tirmidzi). Arti sederhananya adalah berusaha dengan seoptimal mungkin, melakukan upaya-upaya yang menunjang tercapainya sesuatu, barulah kemudian bertawakkal, menyandarkan urusan tersebut serta keputusannya hanya kepada Allah semata.



Maka jika saat ujian semacam saat ini, ada seorang siswa yang tidak membaca dan mengulang sama sekali, lalu dengan nada apatis dan menyerah dia mengatakan " udah deh saya tawakkal aja ... ", maka sesungguhnya hal tersebut tidak layak disebut tawakkal. Tawakkal mestinya menyalurkan energi positif dan optimisme, bukan sebaliknya. Yaitu saat siswa tadi telah belajar keras nan bersungguh-sungguh, lalu saat tiba masa ujian ia pun bertawakkal dengan penuh optimisme.

Bagi sahabat yang gemar berbagi inspirasi dan motivasi, berikut materi powerpoint adab tawakkal, silahkan didownload untuk kemudian disebarkan agar semakin luas kemanfaatan dan juga keberkahannya insya Allah.

DOWNLOAD POWERPOINT ADAB TAWAKKAL KEPADA ALLAH SWT

http://www.4shared.com/file/ZSz01Zxi/Tawakkal_kepada_Allah_SWT.html

Semoga bermanfaat dan salam optimis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar