29 Okt 2012

Cara Menambah dan Menghapus Label pada Blogger Terbaru

Postingan sederhana kali ini seputar pengelolaan blogger yang sederhana. Berdasarkan pengalaman pribadi, saat ingin mengganti dan menghapis label postingan pada blogger dengan antarmuka atau interface yang terbaru. Sebagaimana kita ketahui, sejak dua bulan lalu blogger sudah menonaktifkan tampilan antarmuka lawasnya yang sederhana dan praktis. Pada tampilan antarmuka yang lawas, penambahan dan penghapusan label postingan begitu sederhana dan sudah banyak yang memberikan panduannya di dunia maya. Namun tidak dengan tampilan barunya, saya berupaya mencari sana-sini ternyata belum ketemu, akhirnya ketemu beberapa situs luar negeri yang menampilkan tips tersebut.

Singkatnya, setelah saya coba praktekkan dan berhasil, maka saatnya untuk berbagi tips sederhana. Ada tiga langkah yang bisa kita jalankan, masing-masing dilengkapi dengan gambar sebagai penjelas.

Langkah Pertama : Pada dasbor blogger kita klik pihan  entry post untuk menampilkan daftar postingan yang telah kita hasilkan. Pilihan entry post ada pada sisi kiri atas dari tampilan dasbor terbaru.


Langkah Kedua : Pada sisi kanan atas pilihan label, pilih atau klik jenis label yang akan kita hapus, atau kita tambahkan dengan label terbaru.

Langkah ketiga : Kembali ke sisi kiri atas, kita klik / centang postingan yang kita pilih, atau klik semua jika ingin menghapus label dalam semua postingan label tersebut. Berikutnya yang agak berbeda dengan tampilan lawas adalah, tidak adanya pilihan "remove label", sementara "add new label" masih jelas terpampang. Ternyata proses menghapus label adalah dengan kita mengklik pilihan label sesuai dengan jenis label yang kita pilih sebelumnya.

Jadi jika kita ingin menambahkan label postingan cukup dengan mengklik postingan yang dituju, dan klik " add new label", adapun jika ingin menghapus maka pilih sebuah postingan atau klik semua, kemudian klik label yang akan dihapus.

Jadi pada postingan dengan label " Catatan Optimis" misalnya, akan terhapus labelnya saat kita mengklik pilihan label yang sama yaitu "catatan optimis" juga, sebagaimana ditampilkan dalam gambar di atas.

Berikut sharing sederhana seputar menambah dan menghapus label postingan pada tampilan antarmuka blogger terbaru. Tentu bukan suatu hal yang sulit setelah kita mengetahui dasar-dasar pengelolaan blog sebelumnya.

Semoga bermanfaat dan salam optimis.

22 komentar:

  1. @Hatta Syamsuddin : wah Pak, untuk membuktikan ini saja ada 30 Postingan di blog saya yang terhapus, gara-gara ada yang terlewatkan dari tulisannya pak @Hatta Syamsuddin ini {tidak sengaja} {salah meng-artikan}

    ikhlas saja, :(
    hasil akhirnya label yang ingin dihapus sudah bisa,

    BalasHapus
  2. @SDN 22 Talang Kelapa : wah mohon maaf jika demikian, saya jarang memang menulis ttg tips2 blog sebelum ini, jadi mungkin secara pilihan kata atau susunannya kurang begitu jelas

    terima kasih kunjungannya

    BalasHapus
  3. thankyouuuuuuuuu mas :')
    aku udah cari kesana kemari ngga dapet yang sejelas ini :p

    BalasHapus
  4. Thanks Gan info yang bermanfaat....

    BalasHapus
  5. wah makasih banget infonya tadi sempet bingung remove label di blogger yang baru

    BalasHapus
  6. trims gan, ribet juga yah tampilan yang baru ini

    BalasHapus
  7. (SOLUSI)http://berpikirdoeloe.blogspot.com/2012/12/menghapus-label-pada-blogger-terbaru.html

    BalasHapus
  8. @steven mathers : terima kasih, saya sudah cek postingan blog Anda, dan maaf itu memang pas jika ingin menghapus label dalam satu dua postingan, yaitu dengan satu persatu mengedit postingan dan menghapus secara manual.

    adapun jika kita ingin menghapus label secara keseluruhan, atau langsung banyak postingan, cara di atas yg saya tulis insya Allah lebih efektif

    btw, terima kasih atas kunjungannya

    BalasHapus
  9. Akhirnya ngerti juga, setelah liat postingan ini. terima kasih pak infonya :) bermanfaat (y)

    BalasHapus
  10. Yah artikel blog ane kok malah kehapus juga gan. help...

    BalasHapus
  11. terimakasih informasinya sangat membantu saya
    andirezpati.blogspot.com

    BalasHapus
  12. bagus sekali tutorialnya gan, ijin belajar

    BalasHapus
  13. Ustdz, kalau mau bikin tampilan label kayak punya ustdz itu gimana ya? Kalau gadget dari blogger kan biasanya cm bentuknya list ke bawah, kalo punya ustdz bisa di kotak2 dan berjajar menyamping (otomatis nambahnya di sebelah, jadi seperti tabel bebas, bukan ke bawah). Syukron sebelumnya

    BalasHapus
  14. makasih artikelnya , tapi kapan ya ada wartawan yang datang mengunjungi blog saya www.asbtrakpengetahuan.blogspot.com

    BalasHapus
  15. makasih artikelnya , tapi kapan ya ada wartawan yang datang mengunjungi blog saya www.asbtrakpengetahuan.blogspot.com

    BalasHapus
  16. saya blm pernah ni hapus label di blog saya ...

    BalasHapus