13 Nov 2011

Download Powerpoint Fiqih dan Adab di Musim Hujan

Kali ini bahasan yang saya presentasikan di Kajian Ahad ke 3 IKADI Sragen adalah seputar : Adab dan Fiqh di Musim Penghujan. Awalnya memang terasa aneh, apa hubungannya antara fiqih dan musim hujan ? Ternyata jika kita cermati khazanah Islam lebih jauh, banyak kita temukan hal-hal menarik seputar musim hujan yang diungkap dan diriwayatkan oleh para sahabat. Dari mulai hal-hal apa saja yang dilakukan Rasulullah SAW ketika turun hujan, sampai dengan hukum-hukum fiqih yang berkenaan dengan musim hujan.

Saat ini kita telah memasuki musim penghujan, hari-hari kita lalui dengan penuh kesiapan menghadapi hujan. Ada istilah sedia payung sebelum hujan, maka dalam konteks kaum  muslimin adalah mari belajar terlebih dahulu tentang Fiqih Musim Hujan sebelum benar-benar kita memasukinya. Belajar kembali tentang fiqih hujan, membuat kita kembali diingatkan tentang hakikat kekuasaan Allah SWT dan anugerah yang Maha luas kepada manusia :

Dan di antara tanda-tanda-Nya (ialah) bahwa kau lihat bumi kering dan gersang, maka apabila Kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan Yang menghidupkannya, Pastilah dapat menghidupkan yang mati. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Fushshilat [41]: 39)

Bagi seorang muslim yang taat, turunnya hujan tidak hanya menjadi anugerah dan nikmat yang harus disyukuri, namun juga menjadi peluang amal kebaikan dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Apa saja amalan yang bisa kita optimalkan di musim penghujan ? Silahkan simak lebih jauh di materi presentasi berikut. Selamat berbagi

DOWNLOAD POWERPOINT :
http://www.4shared.com/file/Wr6wUDVn/19_Fiqh_Musim_Hujan.html

Semoga bermanfaat dan salam optimis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar