DOWNLOAD

More on this category »

AKTIFITAS

More on this category »

Materi PPT : Adab & Permasalahan seputar Doa

Senin, 19 April 2010


Ahad kemarin, 18 April 2010, saya berkesempatan mengisi Kajian Ikatan Dai Indonesia (IKADI) cabang Sragen yang bertempat di Masjid Agung Kabupaten di Kauman, Sragen, Seperti biasa, jadwal saya adalah pekan ke tiga untuk membahas seputar Fiqh. Karena ini adalah pertemuan ke-4 , maka pembahasan masih seputar Fiqh Ibadah. Sebelumnya saya telah membahas tentang Keutamaan Hari Jumat, seputar Sholat Khusyuk, dan pagi kemarin tentang Fikih Doa.

Berdoa adalah termasuk dalam rangkaian ibadah lisan, sebagaimana dzikr, tilawah bahkan dakwah sekalipun. Ibadah yang kita lakukan setiap hari memang beragam. Sebagian besar masih fokus pada ibadah jasadiyah, sebagaimana shalat dan shaum. Ada juga yang disebut ibadah maliyah, atau harta, seperti zakat, shodaqoh, haji dan begitu pula pendanaan jihad fii sabilillah. Doa termasuk dalam kategori ibadah lisan, karenanya sangat penting membahas tentang aturan dan adab-adab yang harus diperhatikan saat kita berdoa. Apalagi mengingat intensitas kita berdoa setiap hari yang cukup sering, maka tentu saja menjadi sangat penting bagi kita untuk menguatkan pemahaman kita seputar doa, agar semakin yakin dan khusyuk dalam berdoa.

Materi yang saya sampaikan seputar doa, terbagi menjadi lima bagian besar. Dimana sebagian besar, tentu saja adalah hal yang seringkali kita dengar. Misalnya :: Keutamaan dan hikmah dalam berdoa. Agar kita semakin termotivasi dalam berdoa, semakin ikhlas dan berkeyakinan penuh akan terkabulnya doa kita. Kemudian yang kedua, tentang : Hakikat doa mustajab, lengkap dengan syarat dan waktu-waktu mustajab di dalamnya. Yang ketiga adalah seputar adab dan etika dalam berdoa, agar doa kita optimal dan indah secara syar'i. Yang terakhir kami sisipkan, sebab-sebab doa tertolak.

Sebenarnya masih banyak persoalan doa yang belum dibahas disini. Khususnya persoalan perbedaan di antara ulama kaitannya dengan kaifiyah atau tata cara berdoa. Agar kita bisa bersikap elegan dan tidak terlalu reaktif saat menemui perbedaan di lapangan. Apapun, semoga presentasi yang kami hadirkan bisa bermanfaat bagi sahabat blogger semua. Silahkan diunduh dengan semangat dan keyakinan untuk mengamalkan dan mendakwahkannya. Salam optimis blogger dakwah !

silahkan klik materi ppt versi 2007 di link berikut ini :

Download Materi Power Point Islami : Fikih Doa

Ingin ngobrol dengan saya ? Follow saya di Twitter @hattasy
About Hatta Syamsuddin :Penulis, Pengajar Pesantren Mahasiswa Arroyan Solo, Trainer Motivasi Keislaman dan Keluarga Romantis. Silahkan download kumpulan presentasi kami dengan klik disini. Untuk permintaan mengisi Seminar, Ceramah dan Training silahkan klik disini, atau langsung hubungi no 081329078646 dan email via sirohcenter@gmail.com
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Anonim
29 Juli 2012 16.59

بِسْـــــــمِ أللَّهِ ألرَّحْمَنِ ألرَّحِيْمِ


Asalamualaikum Ustadz, semoga Ustadz berkenen mengirim seluruh materi syiar ke. asepsketch@ymail.com InsyaAlloh akan asep gunakan dlm syiar Islamiyah d bandung, jazakalloh khoiron katsiro

Poskan Komentar