26 Jun 2011

Pengajian Ahad Pagi Al Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo


Alhamdulillah, pagi ini mendapatkan kesempatan berbagi inspirasi dan motivasi di Pengajian Ahad Pagi Al Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pengajian rutin pekanan yang sudah berusia 15 tahun ini, makin lama makin memikat jamaah dan pesertanya. Terbukti dari hari ke hari sekitar seribuan peserta tetap antusias mengikuti pengajian pekanan dan juga rangkaian kegiatan tambahan lainnya. Jadwal kajian pun berlangsung tepat, jam enam pagi para hadirin yang kebanyakan terdiri dari warga masyarakat telah siap duduk di tempat. Bahkan beberapa datang dengan membawa angkutan khusus. Beberapa juga hadir dari penjuru Ponorogo yang cukup jauh. Nampaknya jarak 20 - 30 km bukan menjadi masalah bagi sebagian besar jamaah untuk mendapatkan ilmu, iman dan ukhuwah yang meningkat.

Salah satu hal unik yang saya rasakan, adalah pengajian ini dilaksanakan dalam format outdoor, yaitu peserta duduk dalam barisan kursi terbuka tanpa tenda penutup sama sekali. Mungkin ini rahasianya pengajian tersebut senantiasa dilaksanakan lebih pagi. Pengajian Al Manar ini berlokasi di depan Masjid Al Manar yang beralamat di komplek Universitas Muhammadiyah Ponorogo Jl. Budi Utomo Nomor 10 Ponorogo Telp.0352-481128.

Tercatat sejak awal kehadirannya, pengajian Al Manar ini telah banyak mendatangkan para penceramah selain dari luar kota, juga tokoh-tokoh nasional. Dari mulai Amien Rais, Abu Bakar Ba'asyir, KH Abdulah Syukri, Adian Husaini, dan tokoh yang lainnya. Bukan hanya pengajian, setiap pekan juga dibagikan buletin yang berisi resume isi pengajian pada pekan sebelumnya. Berbagai kegiatan sampingan pun telah dihasilkan, seperti pengobatan gratis, penerbitan buku, dan juga santunan untuk guru pengajar TPA di sekitarnya.

Alhamdulillah, terima kasih untuk panitia secara umum, dan secara khusus kepada bapak Mashuri,SE. yang telah mengkhususkan waktu untuk menyambut dan menjamu kami. Begitu pula Hotel La Tiban dengan nuansa kolonial nya yang khas, menghadirkan kesejukan dan nostalgia sejarah. Dan tentu saja kepada ketua Bapak
Suyitno Rahmani, SHI , MA, yang sudah sejak dua bulan yang lampau ( April 2011 ) meminta dan menjadwalkan saya untuk mengisi acara tersebut. Dan uniknya, beliau menemukan 'nama' saya untuk diminta mengisi pengajian, setelah membaca situs Indonesia Optimis ini !

Semoga bermanfaat, dan semoga pengajian-pengajian lainnya di nusantara ini bisa mengambil inspirasi dan motivasi, agar tetap istiqomah dan memperluas kemanfaatannya bagi umat. Salam optimis !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar