17 Okt 2010

Download Powerpoint Adab dan Hukum Walimah

Pagi ini seperti biasa, setiap ahad pekan ketiga jadwal bulanan saya untuk mengisi pengajian IKADI di masjid agung kauman kabupaten Sragen. Kali ini saya mengambil tema tentang adab dan hukum seputar Walimah. Sengaja saya berbicara masalah walimah, karena secara umum hari-hari ini banyak dari kita yang menjalankannya, baik sebagai shohibul hajat (yang punya gawe) atau sebagai pihak yang diundang. Bahasan fiqh haruslah membumi, karenanya jangan sampai ketinggalan dan kehilangan momentum saat membahasnya di tengah masyarakat kita. Misalnya,jika lewat syawal kita masih bicara fiqh romadhon, maka tentulah yang mendengarkan akan menyimak dengan malas-malasan.

Pembahasan walimah berbeda dengan fiqh munakahat, karena yang dibahas pada sisi walimah hanyalah rangkaian acara teknis seputar akad pernikahan, secara khusus lagi yang berkaitan dengan jamuan dan perayaan yang melibatkan banyak tamu undangan. Syariat Islam yang indah menganjurkan kita menyelenggarakan walimah dengan banyak hikmahnya, begitu pula menganjurkan agar kita menghadiri setiap undangan walimah agar kebahagiaan shohibul hajah semakin sempurna, dan ukhuwah pun semakin membumbung tinggi ke langit sana.

Saya membagi bahasan seputar walimah dalam empat bab , masing-masing :
  1. Pengertian dan Hukum Walimah, baik penyelenggaraan atau kehadiran di dalamnya.
  2. Hikmah penyelenggaraan Walimah
  3. Adab menyelenggarakan Walimah
  4. Adab menghadiri Walimah
Setiap sisi dan bagian di atas mempunyai bahasan unik yang tersendiri, karena setiap daerah dan setiap tempat terkadang mempunyai budaya berbeda dalam penyelenggaraan walimah, di sinilah syariah menjadi wasit dana acuan bagi kita, agar keberkahan dan keindahan walimah semakin terjaga.

Yang selalu menarik adalah sesi pertanyaan, apalagi banyak yang ditanyakan adalah permasalahan menyumbang 'amplop' beserta isinya saat menghadiri pernikahan. Bagaimana pandangan syariat dalam masalah tersebut. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui lebih dalam seputar adab dan hukum walimah, atau ingin berbagi inspirasi dan motivasi kepada teman-teman yang lainnya. Silahkan download materi powerpointnya dengan mengklik link di bawah ini. Segala saran dan kritik senantiasa kami harapakan.

KLIK DISINI : Download Powerpoint Adab Walimah

salam optimis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar