23 Apr 2022

Menguak Filosofi Kue Lebaran Kekinian

Kalau soal sajian legendaris lebaran seperti ketupat dan lepet, sudah banyak yang mengupas tuntas soal makna dan filosofisnya. Ketupat yang berarti Ngaku Lepat (mengaku salah) atau juga versi lain Laku Papat (empat tindakan), ada juga lepet yeng berarti Silep sing Rapat (tutup rapat-rapat). 


Maka apa kabar jajan lebaran kekinian ? Tidak kah ada yang mencoba mencari inspirasi ala manusia senja untuk mengupas filosofis dan hikmahnya. Minimal bisa buat tambahan alasan dan motivasi agar saat membeli lebih ringan terasa. 


Nah mari kita coba uraikan beberapa filosofis "otak-atik gatuk" beberapa item kue lebaran kekinian, siapa tahu bisa melekat di hati dan menjadi viral di kemudian hari. Padahal aslinya ini ya cuma ngarang sebagai sarana promosi ....


Putri Salju, tentu bisa dimaknai secara sederhana, bagaimana setelah ramadhan ini kita bisa menjadi putri dalam arti "pemalu" dalam berbuat yang tidak-tidak, berbuat maksiat, tahu diri karena sudah menjalani Ramadhan sebulan, maka ia malu kalau harus kembali berkubang dalam kemaksiatan dan kesia-siaan.  Adapun kata "salju" tentu jelas melambangkan putih suci, harapan kita saat keluar Ramadhan berguguran dosa-dosa.


Nastar, adalah simbol dari buah nanas yang sudah ditaklukkan. Buah nanas yang identik dengan kulit luarnya terasa kasar, bahkan ada sedikit kesan dedurian yang mudah menusuk, daunnya juga terasa menjulang ke atas nan sombong. Maka semua itu berubah menjadi selai nanas nan nikmat yang dibalut adonan tepung yang renyah. Melambangkan perubahan mendasar, bahwa Ramadhan seharusnya mengubah perilaku-perilaku kasar nan keras, menjadi lembut nan renyah, bagi sejawat, kerabat dan handai taulan.  


Adapun kastengel itu adalah simbol kesiapan berbagi di hari raya. Karena sejarahnya makanan keju ini sangat ekslusif dan hanya dinikmati di kalangan terbatas, semacam ningratnya orang londo sana. Maka jika kita kemudian semangat menghadirkan "kastengel" dalam sajian lebaran. Itu sejatinya pertanda kita siap berbagi kebahagian di hari raya pada siapapun yang datang ke rumah Anda .....he2.


Alhamdulillah, bagi Anda yang tertarik memaknai lebih lanjut sambil menikmati kue-kuenya, atau hendak membagikan kepada sahabat dan saudara sambil menyambung silaturahim, kami menyediakan paket hemat tiga kue kering di atas. 


Silahkan diborong tanpa sombong, silahkan dibagi tanpa merasa rugi ...  Yang di luar kota tapi mau kirim-kirim kepada keluarga, sahabat, atau mungkin para "mantan" yang tersisa, kami bisa bantu fasilitasi.  Oya, Pemesanan terakhir ditunggu sampai 27 April insya Allah


Untuk pemesanan Klik -->

https://wa.me/+6281326256255 (Admin)

*mantan = siapa saja yang manis dalam ingatan he2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar