23 Jul 2016

Liputan : Keluarga Harmonis Siapkan Penerus Berkualitas

KOTA PEKALONGAN – Keluarga merupakan ujung tombak kemajuan sebuah bangsa. Karena keluarga tempat mendidik anak. Anak sendiri merupkan calon penerus bangsa, yang kualitasnya dibentuk dalam kehidupan berkeluarga. Sehingga keharmonisan dalam berumah tangga perlu untuk dipertahankan. Karena dapat mendukung kualitas penerus bangsa kedepannya.

Demikian disampaikan Ustad Hatta Syamsuddin Lc, saat ditemui dalam kegiatan Safari Ramadan Berbagi, di Gedung Amarta Pekalongan, Kamis (23/6).

“Akhir-akhir ini kita sering mendengar berbagai berita kekarasan entah terhadap anak ataupun remaja. Sekitar 80 persen karena keluarga yang kurang harmonis, keluarga yang pecah dan sebagainya. Karena itu terlebih dahulu kita harus memperbaiki kondisi keluarga kita. Untuk melindungi anak-anak kita yang akan menjadi penerus masa depan bangsa.”

Dalam kesempatan kali ini Ustad yang juga penulis Buku Inspiring Romance ini menerangkan juga bagiman caranya gar membangun keluarga yang harmonis. Menurutnya ada tiga kunci untuk menjaga keharmonisan keluarga. Yaitu sakinah mawadah dan wa rahmah. Secara sederhana hal ini dapat diartikan suami istri dapat saling memahami tujuan mereka berkeluarga. Bukan hanya rasa cinta-cintaan anak muda saja, tetapi harus adanya rasa tanggung jawab.

Selain itu diharapkan, suami istri ini dapat memahami kekurangan dan kelebihan masing-masing. Ini merupakan salah satu untuk menjaga kesolidan rumah tangga. Hal ini pun dapat menjadikan hal yang besar kan terasa kecil dan mudah diselesaikan.

“Dan yang tidak boleh terlupakan yaitu bagaimana pentingnya mendidik anak di era digital. Kebanyakan orang tua di sini belum sadar semuanya. Mereka merasa itu adalah sebuah konsekuensi zaman sehingga sangat defensif, bahkan sangat pasrah. TV bisa 24 jam di rumah, tablet dan internet tanpa orang tua sendiri sadar akan bahayanya,” imbuh ustad yang kerap berdakwah keluar negeri ini.

Ia berharap dengan tiga hal tersebut dapat memperbaiki hubungan antara suami dan istri. Dan juga hubungan antara orang tua dan anak. Sehingga dengan itu kualitas keluarga dapat ditingkatkan. Sehingga tercipta generasi masa depan yang dapat memajukan bangsa di tengah arus negatif globalisasi. (ap5)

Penulis: Novia Rochmawati & Redaktur: Dalal Muslimin

sumber : http://www.radarpekalongan.com/28719/keluarga-harmonis-penerus-berkualitas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar