2 Mei 2014

Seleksi Mahasiswa Baru Mesir, Sudan dan Maroko Tahun 2014

Universitas Al Azhar Mesir
Tidak diragukan lagi, minat mahasiswa Indonesia untuk menuntut ilmu ke luar negri secara umum terus meningkat. Begitu pula secara khusus bagi mereka yang menginginkan memperdalam ilmu agama, minat untuk belajar ke negara-negara timur tengah kian tahun kian meningkat pesat. Karena latar belakang itulah, Kementrian Agama tahun 2014 ini kembali mengadakan ujian seleksi untuk menyaring para lulusan madrasah aliyah yang berminat dan berbakat dengan menguji kemampuan akademik yaitu pengetahuan agama Islam, hafalan/bacaan Al-Qur’an dan bahasa Arab. Berikut beberapa point penting terkait ujian seleksi tersebut.

Persyaratan & Ketentuan Mengikuti Seleksi :
1. Warga Negara RI yang beragama Islam.
2. Mengisi formulir pendaftaran online melalui website: diktis.kemenag.go.id
3. Pas photo berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
4. Melampirkan foto copy ijazah Madrasah Aliyah/pondok pesantren yang telah dilegalisir  dengan ketentuan sebagai berikut :
a)    Usia ijazah tidak lebih dari 2 (dua) tahun kelulusan.
b)   Bagi yang belum memiliki ijazah (STTB), harus melampirkan surat keterangan lulus dari sekolah dan dilegalisir oleh Madrasah atau Pondok Pesantren setempat.
5. Semua persyaratan diserahkan langsung ke lokasi pendaftaran.
6. Waktu penyerahan persyaratan tanggal 12-20 Mei 2014.
7. Bagi peserta yang tidak menyerahkan dan melengkapi persyaratan-persyaratan di atas tidak diperkenankan untuk mengikuti seleksi.
8. Peserta harus mengikuti seleksi sesuai dengan lokasi pilihan pendaftaran yang dipilih.

Waktu Pendaftaran & Pelaksanaan Ujian :
1. Pendaftaran online melalui website: diktis.kemenag.go.id, tanggal 28 April s.d. 9 Mei 2014
2. Seleksi Tahap Pertama pada Sabtu, 24 Mei 2014 bertempat di :  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sulthan Kasim Riau Pekanbaru, IAIN Sumatera Utara Medan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim, UIN Ala’uddin Makassar,  IAIN Antasari Banjarmasin, dan STAIN Samarinda (Jl. KH. Abdul Hasan No.3 Samarinda) oleh Alumni Timur Tengah
3. Seleksi Tahap Kedua , khusus negara tujuan Mesir, pada Sabtu, 14 Juni 2014 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, oleh Dosen Universitas al Azhar Mesir.
4. Hasil Seleksi Tahap Pertama akan diumumkan  pada : 2 Juni 2014, serta Tahap Kedua pada 20 Juni 2014, melalui website: diktis.kemenag.go.id

Adapun materi ujian, untuk ujian Tulis (menggunakan bahasa Arab) meliputi ; hafalan Al-Quran, bahasa Arab (memahami teks, tata bahasa dan insya’) dan Pengetahuan Agama Islam., serta untuk ujian lisan (menggunakan bahasa Arab) meliputi : bahasa Arab (percakapan, terjemah dan pemahaman teks) dan hafalan/bacaan Al-Qur’an minimal 2 juz.

Untuk info lebih lengkap, Surat Pengumuman resmi dari Kemenag bisa Anda download di : http://waag-azhar.or.id/index.php/2014-04-16-08-32-40/seleksi-mahasiswa-baru

RANGKAIAN TIPS & MOTIVASI




Selamat mendaftar dan semoga sukses.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar