25 Apr 2013

Kuis Hari Buku di Twitter : Buku Berkesan di Masa Kecil

Menyapa sahabat tuips di seputar Hari Buku, sebuah kuis sederhana kami buat di twitter land kemarin Rabu 24 April 2013. Bukan hadiah membahana yang sejatinya kami tawarkan, tapi masa kecil yang indah selalu menarik untuk dikenang. Hampir semua kita punya kenangan tentang bacaan di masa kecil. Sebagiannya tentu masih melekat erat di benak kita. Sharing seputarnya juga tak kalah indahnya. Karena itulah pertanyaan kuis hari buku kemarin begitu sederhana : Sebutkan judul buku yang Anda baca di masa kecil dan paling berkesan ?

Hadiah Kuis Hari Buku
Alhamdulillah, 116 sahabat tuips ikut meramaikan kuis sederhana tersebut. Yang saya yakin sepenuhnya sama sekali bukan karena hadiah 2 buku yang tak seberapa secara harga, namun semua ingin berpartisipasi karena mengenang masa kecil itu memang indah. Menggetarkan hati dan terkadang bahkan menumpahkan air mata. Bahkan bang @fadjroel pun turut meramaikan berbagi kenangan ini dengan buku Tom Sawyer karya Mark Twain, ia menambahkan : " kenakalannya tertancap di kepala sampai sekarang ".

Dari banyaknya jawaban yang masuk, hampir sebagian menandakan usia 30-an tahun, karena banyak yang seragam dan sepertinya juga tak jauh berbeda dengan yang saya alami di masa belia. Dari mulai majalah Bobo, Lima Sekawannya Enyd Bylton, sampai yang serius seperti buku Pintarnya Iwan Gayo, dan 100 Tokoh paling berpengaruh sering disebut-sebut. Bahkan yang menarik juga buku cerita bergambar " Siksa Neraka" muncul beberapa kali disebutkan oleh tuips. Memang buku itu terkenal 'ngeri' di jamannya, visualisasi neraka bagi anak kecil usia SD tentu menjadi hal yang sulit untuk dilupakan. Buku Lupusnya Hilman juga disebut oleh tuips meskipun tak sebanyak yang semestinya, mengingat pada waktu itu buku itu menjadi booming di masanya. Komik Gundala tak lupa juga ikut memeriahkan kuis buku kemarin. Saya tak bisa membayangkan jika buku-buku tersebut sekarang masih mudah didapatkan seperti Tintin dan Lucky Luke yang sampai saat ini masih tersedia di Gramedia, tentu akan lebih indah jika ingin menelusuri kenangan masa belia.

Semuanya tentu indah dan inspiratif, karenanya Kuis Buku ini tak layak dipilih seorang pemenang karena setiap kenangan adalah nilai berharga yang tak bisa dibanding-bandingkan. Tapi karena harus memilih salah satu untuk mendapatkan hadiah dua buku : Inspiring Romance & Be Brilliant Writer, maka unsur subjektif tentu bercampur dengan objektifitas. Tapi saya fokus pada judul buku dan kesan yang disampaikan, tanpa melihat siapa dan darimana tuip yang menyebutkan. Dari 116 akhirnya tersaring menjadi 14 judul buku dan kesan pilihan, hingga akhirnya satu pun terpilih yaitu :

Yang terpilih mendapatkan 2 buah buku : Muhammad SAW The Inspiring Romance karya saya sendiri, dan Be A Brilliant Writer karya penulis produktif Afifah Afra adalah : Nurul kh di akun @nurulkhaf dengan kenangannya akan buku RPUL(Ringkasan Pengetahuan Umum Lengkap), yang pada waktu kecil memang menjadi trend buku bacaan khususnya para siswa yang berprestasi. Selamat dan semoga hadiahnya bermanfaat. Hadiah akan dikirim ke alamat via jasa pengiriman.

Kepada tuips yang telah ikut berpartisipasi, saya haturkan terima kasih dan mari terus mewarnai Indonesia dengan penuh optimisme. Salah satu cara merangkai optimisme adalah menghadirkan keindahan masa kecil yang harus kita perjuangkan untuk terus ada hingga masa mendatang.

Semoga bermanfaat dan salam optimis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar