9 Apr 2012

Download Powerpoint Islam dan Perkembangan Teknologi

bersama panitia dari Polines usai acara
Ahad 8 April 2011 teman-teman dari LDK Al-Jazeerah Polines (Politeknik Negeri Semarang) mengundang kami untuk mengisi Tabligh Akbar bertemakan " Islam dan Teknologi ", yang merupakan salah satu dari rangkaian agenda kegiatan Polines Islamic Expo. Bentuk kegiatan yang lain adalah Talk Show Gebyar Muslimah, Lomba thafidz dan Kaligrafi, dan tentu saja yang tak kalah menariknya adalah Bazzar.

Tema Islam dan Teknologi tentu senantiasa menarik untuk dikaji dan dicermati. Asumsi bahwa Islam sebagai agama konservatif dan kuno masih banyak berkembang di masyarakat, belum lagi dakwaan tentang agama wahyu dan doktrin yang kemudian mematikan kecerlemangan akal. Tentu semua asumsi dan tuduhan tersebut adalah salah kaprah. Setidaknya dua hal bisa menjelaskan kesalahan tuduhan tersebut, yaitu yang pertama tentang bagaimana Al-Quran banyak berbicara tentang optimalisasi akal, bahkan ayat yang pertama turun juga memerintahkan kita untuk membaca dan mengambil pelajaran.

Alasan yang kedua adalah berserak dalam sejarah tentang betapa piawainya ilmuwan-ilmuwan Islam berkontribusi dalam penemuan dan pengembangan teknologi, saat-saat dimana barat masih dalam era kegelapan dan Islam memimpin dunia dengan begitu gemilang. Sudah banyak tercatat nama-nama besar ilmuwan Islam dan karya-karyanya yang sampai sekarang selalu menjadi referensi induk dalam pengembangan berbagai ragam ilmu seperti kedokteran, astronomi, matematika dan lain sebagainya.

Yang menarik pula bagaimana Al-Quran masih menyimpan 'misteri teknologi' yang sampai sekarang selalu menjadi tantangan untuk dipecahkan, khususnya untuk para ilmuwan muslim. Sebut saja kemajuan ekspedisi pengiriman pada masa nabi Sulaiman yang bisa memberikan delivery service hanya dalam sekejap mata. Tentu saat ini terasa tidak mungkin dalam kapasitas ilmu kita, namun tidak jika Allah SWT telah membuka dan mengajarkan sedikit dari ilmu-Nya kepada manusia.

Sebagai catatan akhir pada mahasiswa saya sampaikan, Islam dan teknologi hendaknya tidak sekedar menjadi kenangan romantis masa kejayaan Islam semata, namun juga hendaknya menjadi inspirasi dan motivasi bagi setiap kita untuk mengoptimalkan potensi agar bisa berkontribusi lebih bagi umat dan bangsanya. Harapan itu bukan hal yang tidak mungkin, bukankah kita belum lupa sejarah ilmuwan islam abad ini Mr. Crack yang menemukan sekian teori dan metodi yang menggetarkan dunia penerbangan, hingga saat ini.

DOWNLOAD POWER POINT ISLAM dan TEKNOLOGI :
Bagi sahabat Indonesia Optimis yang ingin mendownload powerpoint presentasi tersebut, silahkan klik link berikut.

http://www.4shared.com/file/Ce6Djcqo/Islam_dan_Teknologi_Update.html

Semoga bermanfaat dan salam optimis

*mohon maaf sebelumnya link download ada kesalahan, sekarang sudah dibetulkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar