26 Jan 2012

Download Powerpoint Fiqh dan Adab seputar Makan Minum

Seluruh sendi kehidupan seorang muslim begitu indah dipandu oleh syariat Islam, bahkan dalam urusan perut dan lidah sekalipun. Makan bagi seorang muslim bukan sekedar untuk bertahan hidup, atau mengisi kehidupan, namun menjadi sarana pengokoh fisik agar senantiasa menebar manfaat bagi orang lain.
Dalam masalah makanan yang paling sering dibahas adalah seputar halal dan haram. Terlampau banyak jenis makanan dan minuman di seluruh penjuru muka bumi ini jika harus dibahas satu persatu dalam presentasi singkat ini, karenanya yang paling menjadi prioritas untuk dikuatkan adalah menangkap isyarat dan pesan syariat tentang Kaidah-kaidah dan prisip dalam halal dan haram makanan. Artinya, hukum asal semua makanan adalah boleh, kecuali ada dalil syariat yang jelas melarangnya.

Selain seputar halal dan haram dzatnya, juga perlu dikaji tentang adab, anjuran, atau sunnah Rasulullah SAW seputar cara atau kaifiyah beliau makan dalam kesehariannya. Setiap laku beliau adalah contoh yang jelas bagi umatnya serta teladan bagi yang ingin mendulang pahala keberkahan yang terus bertambah. Di dalam setiap sunnah dan anjuran beliau, tersimpan sejuta manfaat dan hikmah yang salah satunya mungkin kita lihat dari sisi kesehatan.

Halal dan haramnya sebuah makanan, terkadang berawal dari cara mencari rizki yang salah atau tidak tepat. Karenanya, bisa jadi seorang kepala keluarga mengeluarkan budget belanja harian yang besar, digunakan untuk membeli masakan dengan menu hebat sekalipun, akan kehilangan kerbekahannnya jika didapat dengan cara yang menjaugi aturan syariat yang indah dan elegan.

Hari Ahad 15 Januari yang lalu, kami berkesempatan kembali untuk mengisi Kajian Rutin Ikadi Sragen, dan kali ini mengambil tema Fiqh dan Adab seputar Makan dan Minum. Presentasi sederhana kami hadirkan, tentu banyak kekurangan disana-sini, mohon bisa diperbaiki dan disempurnakan.


DOWNLOAD PRESENTASI KLIK -- >

http://www.4shared.com/file/Dj2pyt9L/21_Fiqh_Makanan_dan_Minuman.html

Semoga bermanfaat dan salam optimis.

1 komentar:

  1. banyak banget tuntunan tentang makan
    tapi tetep aja kalo makan jegang sila tingkrang...

    BalasHapus