15 Mei 2011

Download Powerpoint Fiqh Kesehatan dan Pengobatan

Islam menginginkan umatnya menjadi manusia yang kuat dan sehat, karena dengannya akan mudah memberikan manfaat kepada orang lain. Inilah hikmah mengapa disebutkan dalam hadits, bahwa orang mukmin yang kuat lebih baik dan dicintai oleh Allah SWT dari mukmin yang lemah, itu karena orang mukmin yang kuat akan bisa berbuat banyak dan bermanfaat bagi yang lainnya. Jadi ungkapan tersebut selaras dengan hadits lain yang mengungkapkan tentang " yang terbaik diantara manusia adalah yang paling baik diantara manusia lainnya "

Jadwal Ahad Pagi ini sebagaimana biasa pekan ke -3 saya mengisi di Kajian Ahad Pagi Ikatan Dai Indonesia cabang Sragen, bertempat di Masjid Agung Kauman Sragen.  Setelah pada pertemuan sebelumnya saya membahas tentang Fiqh Jihad dan Ragam Macamnya, maka tema yang saya bahas seputar bagaimana tuntutan Islam tentang Kesehatan dan Aturan-aturan pengobatan. Kesehatan sebagai salah satu nikmat terbesar dalam kehidupan kita, haruslah dijaga karena itu sebagai salah satu bentuk kesyukuran kita. Bentuk syukur yang lain tentu dengan menggunakannya dalam amal kebaikan sepanjang waktu setiap saat. Rasulullah SAW bersabda tentang orang yang beruntung , " yaitu mereka yang panjang umurnya dan banyak amalnya ".

Dalam powerpoint ini saya membahas tentang tiga bagian besar, masing-masing :
  1. Urgensi Kesehatan dan Bagaimana Anjuran Islam dalam Penjagaan Kesehatan atau Gaya Hidup Sehat Islami, cara hidup sehat menurut Rasulullah SAW
  2. Hukum Pengobatan dan Kaidah umum yang harus diperhatikan seputarnya
  3. Contoh kasus dan permasalahan seputar Pengobatan dalam Islam, apa saja yang boleh dan tidak boleh
Pembahasan tentang Fiqh Kedokteran ini tentu masih membutuhkan pendalaman dan pengembangan, mengingat fiqh kedokteran sejatinya termasuk bahasan yang senantiasa berkembang, sehingga satu sessi tentulah tidak akan mencukupi.

Kepada sahabat Indonesia Optimis yang senantiasa berbagi Inspirasi dan Motivasi dengan yang lainnya, berikut materi powerpoint Fiqh Kesehatan dan Pengobatan, silahkan di download pada link berikut :

http://www.4shared.com/file/MunyB6kE/16_Fiqh_Pengobatan_dan_Kesehat.html

Untuk powerpoint kumpulan ceramah IKADI saya bisa anda lihat DI SINI
atau kumpulan powerpoint secara umum silahkan lihat DI SINI

Semoga bermanfaat dan salam optimis.

1 komentar:

  1. Terima kasih telah berbagi ilmu fiqhnya sob..ini tentu akan sangat bermanfaat bagi para kuam muslimin.
    Selamat cuti bersama y :)...

    BalasHapus