DOWNLOAD

More on this category »

AKTIFITAS

More on this category »

Download Gratis Powerpoint Ceramah IKADI Setahun

Kamis, 28 April 2011

Alhamdulillah, tanpa terasa hampir dua tahun diberikan amanah untuk mengisi kajian Pena ( Pengajian Ahad Pagi ) IKADI Sragen, setiap Ahad Pekan ke-3 bertempat di Masjid Agung Kauman Kabupaten Sragen. Pengajian pekanan yang dihadiri lebih dari 500-an kaum muslimin, laki-laki dan perempuan, tua dan muda itu, semakin terlihat istiqomah dan barokah. Bukan hanya kehadiran peserta yang begitu bersemangat, namun suasana ukhuwah dan keakraban di antara peserta pun semakin meningkat.

Tema materi yang saya bawakan setiap pekan ke-3 adalah seputar Fiqh. Tentu saja untuk sebuah ukuran kajian bulanan, tema Fiqh yang sangat tidak mungkin dikaji satu persatu dengan jangka waktu bulanan. Karenanya saya pun berinisiatif memilah dan memilih tema untuk saya presentasikan. Tema-tema tersebut tentu haruslah yang sangat dibutuhkan masyarakat, aktual dan tentu saja bisa dipahami dengan baik. Karenanya tema-tema seperti perceraian, hukum waris, apalagi seputar perbudakan , untuk saat ini belum saya bahas. Saya mengambil tema keseharian yang bisa jadi masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang tertuang seputarnya.

Bahasan dan isi ceramah pun saya ambilkan dari kitab yang sudah populer dan banyak diterima, yaitu Fiqh Sunnah dan Minhajul Muslim. Ini mengingat pembahasan fiqh sangat kaya akan perbedaan, dan saya melihat kedua kitab tersebut setidaknya mampu membahas dan meredam perbedaan dengan baik dan cantik. Jika diperlukan pun, saya mengacu pada beberapa kitab khusus tergantung tema yang di bahas, seperti dalam masalah zakat saya mengacu pada Fiqh Zakat, masalah jihad pada Fiqh Jihad, masalah puasa mengacu pada kitab Fiqh Shoum, semuanya karangan Syeikh Qaradhawi. Untuk konsumsi masyarakat umum, insya Allah sudah cukup menjawab kebutuhan yang ada.

Seri Fiqh 01 : Fiqh dan Adab Berdoa
Membahas Seputar Keutamaan Doa dan Hikmahnya, juga seputar hal-hal yang membuat doa-doa kita mustajab. Sunnah-sunnah dalam berdoa. Dan juga sedikit menyinggung tentang tawassul, dan hal-hal yang banyak dipertentangkan dan ditanyakan dalam masalah doa.

Seri Fiqh 02 : Fiqh dan Adab Masjid
Membahas tentang Pengertian dan Ragam Masjid, seputar Keutamaan amalan yang terkait dengan masjid, dari mulai merindukan, mendatangi, hingga menghiasi dan memperbaiki masjid. Juga disebutkan hal-hal yang diperbolehkan dan dilarang dalam masjid. Terakhir membahas tentang optimalisasi fungsi masjid di masa saat ini, berlandaskan fungsi masjid masa Rasulullah SAW.

Seri Fiqh 03 : Fiqh Sholat Khusyu
Pengertian Sholat Khusyu dan Keutamaannya. Memberikan gambaran visi dan fungsi sholat agar membuat niatan sholat semakin baik. Membahas tips-tips untuk menciptakan sholat khusyuk, juga beberapa amaliyah sunnah yang mendukung terwujudnya kekhusyukan.


Seri Fiqh 04 : Fiqh Adab dan Hukum Walimah

Tentang Anjuran dan Keutamaan Pernikahan. Kemudian hal-hal penting yang terkait dalam Penyelenggaraan Resepsi Pernikahan, serta hal-hal yang harus dihindari. Beberapa hal hal yang diperbolehkan agar pernikahan tetap berkah dan berkesan

Seri Fiqh 05 : Fiqh Zakat Praktis
Membahas tentang pengertian zakat serta hikmah dan fungsinya bagi masyarakat. Begitu pula mencermati tentang fenomena ragu berzakat. Perkembangan seputar objek harta zakat dan sasaran zakat pada masa ini, juga mencermati seputar zakat kekayaan kontemporer seperti usaha dagang, investasi dan zakat profesi.

Seri Fiqh 06 : Fiqh Penetapan Ramadhan
Setiap tahun kita dihadapkan dengan fenomena perbedaan penetapan awal Ramadhan dan Idul Adha, dan ini terus saja berulang bahkan terkadang menimbulkan friksi dan ketegangan di tengah masyarakat. Karena itu diperlukan pendalaman ilmu seputar cara penetapan tersebut, agar mengurangi penyikapan yang berlebihan ketika terjadi perbedaan tersebut. Berbeda itu biasa, tetapi tidak harus berbeda setiap saat bukan.

Seri Fiqh 07 : Fiqh Puasa & Ramadhan
Ramadhan senantiasa dinanti dengan penuh kebahagiaan. Pembahasan Puasa teramat banyak sudah di masyarakat kita. Di sini dibahas tentang bagaimana mengoptimalkan amal di bulan Ramadhan, agar bulan mulia semakin berkah dan terasa meski telah kita lewati.

Seri Fiqh 08 : Fiqh dan Adab Safar
Setiap kita pernah mengalami berpergian, baik dalam acara keluarga maupun pekerjaan. Syariat Islam memberikan banyak keringanan dalam safar, tidak hanya sekitar sholat dan puasa, namun juga hal-hal lain yang mungkin jarang dibahas selama ini. Selain itu juga diperkenalkan tentang fungsi dan keutamaan safar secara umum.

Seri Fiqh 09 : Fiqh Bekerja dan Berusaha
Syariat Islam memotivasi umatnya untuk terus berusaha dan bekerja. Disebutkan betapa mulia dan keutamaanya sebuah pekerjaan, juga fungsi sebuah pekerjaan bagi setiap muslim. Membahas tentang larangan meminta-minta, serta memberikan etika-etika umum seputar bekerja dan berusaha.

Seri Fiqh 10 : Fiqh Hutang Piutang
Hutang Piutang termasuk pembahasan yang unik dan menarik, setiap orang pernah mengalaminya. Dibahas tentang keutamaan menghutangi dan membantu orang lain, juga keutamaan bagi mereka yang bersungguh-sungguh akan membayarnya, begitu juga adab dan larangan seputar hutang piutang.

Seri Fiqh 11 : Fiqh Jual Beli Praktis
Masalah Jual Beli termasuk dalam pembahasan yang besar dalam Fiqh Muamalat. Disini ditampilkan pengantar dari Fiqh Jual beli, dari mulai pensyariatan, keutamaan dan yang paling banyak adalah membahas tentang ragam jenis jual beli dan transaksi yang diharamkan.


Seri Fiqh 12 : Fiqh Jihad & Ragam Keutamaannya
Jihad adalah ibadah yang mulai dalam Islam, namun pemaknaan yang salah justru bisa merugikan umat Islam itu sendiri. Powerpoint ini membahas tentang pemaknaan jihad yang beragam, keutamaan jihad, berbagai ragam bentuk jihad, serta adab-adab terkait jihad fi sabilillah.

Seri Fiqh 13 : Fiqh Ikhtilaf / Perbedaan Pendapat
Apa sebab adanya perbedaan pendapat yang begitu terserak dalam fiqh islam ? Dengan memahaminya kita bisa mengurangi ketegangan dan sikap reaktif saat ada yang berbeda dengan kita. Disini dibahas sebab-sebab perbedaan pendapat yang ada diantara ulama lengkap dengan contoh-contohnya. Dan yang penting juga adalah penggolongan perbedaan dari yang bisa dihormati dengan yang harus disikapi dengan tegas.

Seri Fiqh 14 : Fiqh Haji Singkat
Ibadah Haji begitu dirindukan, pembahasannya di masyarakat masih sangat jarang dan hanya terbatas diberikan saat pelatihan-pelatihan manasik haji. Disini akan diberikan pengantar yang akan memberikan gambaran bagaimana prosesi ibadah haji sebenarnya dan tahapan-tahapan yang ada di dalamnya. bentuknya tentu menjadi ringkas karena betapa banyaknya amaliyah yang disyariatkan dalam ibadah haji.

Seri Fiqh 15 : Fiqh Kedokteran dan Pengobatan
Membahas seputar anjuran Islam tentang penjagaan kesehatan, dan sikap yang harus dilakukan oleh seorang muslim dalam kaitannya dengan mensyukuri nikmat kesehatan. Juga langkah-langkah yang perlu dilakukan saat diuji dengan ujian sakit. Juga membahas tentang adab dan etika berobat, hal-hal yang diperbolehkan dan dilarang dalam Islam
 
Seri Fiqh 16 : Fiqh Bersantai dan Bersenang-senang
Adalah Dr. Yusuf Qardhawi yang menuliskan secara khusus dalam salah satu bab bukunya yang monumental Halal wal Harom fil Islam, yaitu bab tentang Fikih Lahwu wa Tarwih, ya terjemahan bebasnya Fiqh bersantai dan bergembira, atau juga sering disebut Fiqih Canda Tawa. Pada beberapa tahun berikutnya, beliau mengembangkan lebih khusus bahasan tersebut dalam sebuah Kitab khusus yang berjudul sama : Fiqh Lahwu wa Tarwih, dan inilah kitab yang menjadi salah satu referensi dalam powerpoint ini.

Seri Fiqh 17 : Fiqh Qurban dan Amiyah Dzulhijjah
Banyak mereka yang berqurban menganggap bahwa ibadah qurban tak lebih dari sedekah harta tahunan dalam jumlah yang cukup besar. Maka mereka yang meyakini hal tersebut tak mau terlibat langsung dalam rangkaian prosesi qurban. Cukup panitia mendatangi rumah mereka berbekal surat dan kuitansi, lalu mereka menyerahkan sejumlah dana dan tinggal menunggu hari-H saat panitia menyerahkan 'paha kambing' sebagai jatah pequrbannya

Seri Fiqh 18 : Fiqh Musim Penghujan
Saat ini kita telah memasuki musim penghujan, hari-hari kita lalui dengan penuh kesiapan menghadapi hujan. Ada istilah sedia payung sebelum hujan, maka dalam konteks kaum  muslimin adalah mari belajar terlebih dahulu tentang Fiqih Musim Hujan sebelum benar-benar kita memasukinya. Belajar kembali tentang fiqih hujan, membuat kita kembali diingatkan tentang hakikat kekuasaan Allah SWT dan anugerah yang Maha luas kepada manusia .... Selengkapnya


Seri Fiqh 19 : Adab bergaul dengan Non Muslim
Tiap akhir tahun seperti ini perdebatan tentang hubungan muslim dan non muslim kembali menghangat. Salah satu yang sering diperdebatkan adalah fenomena SPG yang berpenampilan bak sinterklas karena tuntutan bosnya. Ada juga perdebatan seputar ucapan selamat natal. Dalam syariat Islam hubungan dengan umat beragama lain diatur sedemikian rupa, khususnya yang berkaitan dengan ahlu kitab, .. Selengkapnya

Seri Fiqh 20 : Adab dan Fiqh Seputar Makan dan Minum
Seluruh sendi kehidupan seorang muslim begitu indah dipandu oleh syariat Islam, bahkan dalam urusan perut dan lidah sekalipun. Makan bagi seorang muslim bukan sekedar untuk bertahan hidup, atau mengisi kehidupan, namun menjadi sarana pengokoh fisik agar senantiasa menebar manfaat bagi orang lain.
Dalam masalah makanan yang paling sering dibahas adalah seputar halal dan haram. Selengkapnya ..

Seri Fiqh 21 : Fiqh dan Adab Berinteraksi Terhadap Al-Quran

Seri Fiqh 22 : Fiqh dan Adab Seputar Tidur dan Beristirahat

Seri Fiqh 23 : Fiqh Qurban dan Amaliyah Dzulhijjah 
 Banyak mereka yang berqurban menganggap bahwa ibadah qurban tak lebih dari sedekah harta tahunan dalam jumlah yang cukup besar. Maka mereka yang meyakini hal tersebut tak mau terlibat langsung dalam rangkaian prosesi qurban. Cukup panitia mendatangi rumah mereka berbekal surat dan kuitansi, lalu mereka menyerahkan sejumlah dana dan tinggal menunggu hari-H saat panitia selengkapnya

Seri Fiqh 24 : Fiqh Nafkah dan Ekonomi Keluarga
Permasalahan ekonomi keluarga memang selalu menarik untuk ditelisik. Namun sekaligus terlihat memprihatinkan karena banyak keluarga tertimpa masalah karena hal ini. Saat sempit bermasalah, bahkan saat lapang juga pun hadir masalah. Istri yang memutuskan ikut bekerja di luar rumah untuk mengangkat ekonomi keluarga pun banyak tersandung masalah dan goda. Betapa banyak kabar selingkuh antar rekan kerja kita dengar di sana-sini setiap hari.  selengkapnya

Seri Fiqh 25 : Fiqh dan Adab Bertetangga 
Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan makhluk lainnya untuk saling berinteraksi dan mengisi. Salah satu yang terdekat adalah tetangga kita. Dalam Islam tetangga memiliki posisi dan urgensi yang mulia, dimana keutamaan berbuat baik kepadanya disebutkan dalam satu paket anjuran untuk berbuat baik kepada orang tua, mengasihi anak yatim, dan lain sebagainya. Selengkapnya

Seri Fiqh 26 : Fiqh Wakaf dan Perkembangannya
 Jika kita mendengar kata wakaf, maka biasanya yang terbersit dalam benak kita adalah dua hal : makam dan tempat ibadah. Pada kenyataannya memang dua hal itulah yang sering menjadi objek wakaf di negara kita, setidaknya sampai saat ini.....Selengkapnya

Last update :  Februari 2013
Semoga bermanfaat dan salam optimis.

Ingin ngobrol dengan saya ? Follow saya di Twitter @hattasy
About Hatta Syamsuddin :Penulis, Pengajar Pesantren Mahasiswa Arroyan Solo, Trainer Motivasi Keislaman dan Keluarga Romantis. Silahkan download kumpulan presentasi kami dengan klik disini. Untuk permintaan mengisi Seminar, Ceramah dan Training silahkan klik disini, atau langsung hubungi no 081329078646 dan email via sirohcenter@gmail.com
Share this article :

+ komentar + 6 komentar

Anonim
31 Mei 2011 09.08

syukron katsir ustadz..semoga barokah...amin

Anonim
31 Mei 2011 12.08

izin mengcopy ustadz.

Anonim
4 Juni 2011 16.31

izin copy juga ustadz. jazakallah khair jaza

4 Juni 2011 17.50

jazakalloh ustadz, Fii Barkatillah... Insya Alloh menjadi pahala yang mengalir terus untuk ustadz. Mohon donlot ustadz...

29 April 2012 06.56

Makasi banget... moga bermanfaat. kebetulan lagi kekurangan materi...mohon izin download

7 Oktober 2012 20.13

Makasih banyak...mohon izin download Ust.

Poskan Komentar