17 Apr 2011

10 Tips Ringan Cara Berpakaian dan Menjaga Penampilan

Pakaian dalam Islam tidak hanya berfungsi sebagai penutup aurat saja, namun juga salah satu faktor keindahan dalam penampilan. Karenanya, berpakaian dengan rapi dan bagus bukanlah sebuah bentuk kesombongan, namun justru bentuk kesyukuran atas nikmat rezeki yang diperoleh setiap insan.  Seorang sahabat pun merasa perlu bertanya secara  khusus kepada Rasulullah tentang kesukaannya memakai pakaian dan sandal yang bagus, ia khawatir hal tersebut masuk dalam kategori kesombongan. Namun Rasulullah SAW dengan bijak menyampaikan :“Sesungguhnya Allah itu Indah dan menyukai keindahan. Kesombongan adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.” (HR. Muslim)

Keindahan dalam penampilan tentu saja bukan sekedar pakaian yang rapi dan bagus, namun bagaimana mengatur seluruh tatatan penampilan itu bersinergi dan berkesesuaian. Mulai dari sepatu dan kaos kaki, bahkan juga sisiran rambut yang harus tetap terlihat rapi.  Dari Jabir bin Abdillah ra, suatu ketika Rasulullah SAW melihat seseorang yang rambutnya kacau-balau (tidak rapi), sepontan beliau berkomentar : “ Apakah orang ini tidak memiliki minyak yang dapat ia pergunakan untuk merapikan rambutnya? ” (HR. An Nasa’i).

Karena alasan itulah maka perlu rasanya kita belajar untuk mengatur tampilan kita agar lebih rapi dari sebelumnya. Mungkin tak perlu harus menimba ilmu dari pakar desainer dan tata busana, beberapa hal terkait pakaian dan penampilan ternyata justru saya dapatkan dari keluarga saya sendiri, dalam hal ini Abah Mertua saya yang selalu tampil rapi. Berikut sebagaian tips yang saya dapatkan dari beliau, dan juga beberapa tambahan tips lainnya. Semoga bermanfaat
  1. Jika menggunakan celana berwarna gelap, maka pilihlah baju dengan warna senada namun yang jauh lebih muda. Misalnya : celana coklat tua, atasan coklat muda (krem)
  2. Jika menggunakan pakaian atas (hem) warna putih, maka sangat mungkin menggunakan celana dengan warna apa saja.
  3. Jika menggunakan celana jeans, maka bisa menggunakan warna untuk atasan apa saja (bebas) karena senantiasa sesuai.
  4. Jangan melipat lengan pada hem lengan panjang seperti orang mau wudhu atau makan di warung kaki lima. Sekiranya engkau tidak nyaman dengan hem lengan panjang maka carilah hem lengan pendek !
  5. Setrikalah pakaian Anda dengan benar-benar rapi dan teliti, jangan lupa semprotkan pewangi pakaian agar bertambah fresh aroma yang keluar. Jika perlu, pakaian yang lama Anda setrika namun belum sempat terpakai, ulangi kembali setrika sebelum dipakai.
  6. Pakailah selalu parfum atau minyak wangi, karena yang paling tahu tentang bau badan Anda adalah orang-orang disekitar Anda, bukan Anda sendiri.
  7. Beli dan gantilah pakaian dalam anda ( kaos dan celana) setiap tiga bulan sekali, karena jenis pakaian khusus semacam itu tidak bisa bertahan lama dalam kondisi yang prima dan sehat !
  8. Sesuaikan warna kaos kaki  Anda dengan warna celana yang Anda pakai, bukan dengan warna sepatu apalagi warna dasi Anda.
  9. Semir sepatu Anda dengan baik dan berkelanjutan, karena itu menambah awet usia sepatu Anda dan tentu saja membuat Anda lebih percaya diri.
  10. Pakaian yang mahal tidak selalu berarti pemborosan, karena Anda bisa jadi bertemu dengan orang-orang yang mempertimbangkan meneruskan bisnis dengan Anda atau memutusnya hanya dengan melihat pakaian Anda. Atau sederhananya, barang atau produk yang Anda jual senantiasa akan dinilai sama dengan cara penampilan Anda.
Semoga bermanfaat dan Salam Optimis

3 komentar:

  1. tanya tadz, untuk batas pakaian mahal seperti apa ya? melebihi batas kemampuan kita atau seperti apa??
    jazakalloh khoir..

    BalasHapus
  2. @afan : oya soal mahal memang setiap orang berbeda. Substansinya adalah pakaian yang baik kualitas dan tampilannya, nah sayangnya biasanya yang seperti itu mahal harganya ...

    artinya, kalau bisa dapat yang murah dengan kualitas baik, saya kira itu yg saya pilih ..salam optimis

    BalasHapus
  3. ana sering beli pakaian bekas (eks impor), kadang dapat kualitas bagus dan harganya murah. dengan sedikit perawatan, sudah seperti baru :) (eh, hukumnya gimana ya, tadz? ilegal?)

    BalasHapus