24 Mar 2011

Keunggulan Maktabah Syamilah Terbitan Resmi versi 3.42

Bicara digital library untuk ilmu keislaman saat ini tidak akan lepas dari peran dan fungsi Maktabah Syamelah, kurang lebih sejak sewindu ini Software Kitab Digital tersebut telah menelurkan versi dari mulai 2.0 sampai sekarang 3.42. Software gratisan ini diakui atau tidak telah membantu banyak tholabul ilmi dalam mencari referensi di bidang ilmu-ilmu keislaman. Entah berapa banyak skripsi, thesis dan disertasi yang 'memanfaatkan' kemudahaan fasilitas pencarian di Maktabah Syamilah.

Dari awal kemunculan Maktabah Syamilah versi 2.1 yang hanya bermodalkan 3 GB, kemudian disusul dengan versi berikutnya dengan tambahan muatan 7 GB, kemudian 15 GB, 32 GB bahkan terakhir hingga menggembung sampai 50 GB. Penambahan ini memang sangat dimungkinkan mengingat software maktabah syamilah ini membuka kemungkinan untuk mengimpor kitab-kitab tambahan dari berbagai macam format file yang ada.

Untuk menjawab kebutuhan akan bahan bacaan, atau penulisan makalah dan artikel ringan, tentunya Maktabah Syamilah sudah sangat berlebih dengan puluhan ribu kitab yang terkandung di dalamnya.Namun sebagai referensi ilmiah dalam penyusunan karya ilmiah seperti  thesis dan disertasi, nampaknya para tholabul ilmu cukup menemui kesulitan, atau akan melakukan dua kali pekerjaan karena banyak kitab dalam Maktabah Syamilah terdahulu tidak sesuai dengan kitab aslinya dalam penomoran halaman maupun babnya.

Nampaknya kesulitan  ini mendapat perhatian khusus di kalangan penyusun software ini, karenanya dalam terbitan terbarunya , dikeluarkan versi resmi Maktabah Syamilah 3.41 ( yang kemudian bisa diupgrade ke 3.42) , yang berukuran lebih ramping dari senior-seniornya, yaitu cukup 8 GB ( dengan versi kompresnya menjadi 1,95 GB). Didalamnya berisi sekitar 5300 kitab referensi ilmu keislaman, namun kali ini dilengkapi dengan penomoran halaman dan bab sesuai dengan versi cetaknya, yang disebutkan dengan jelas dalam book card ( bitoqotul kitab). Bahkan kitab-kitab yang termasuk kontomporer pun telah disesuaikan dengan versi cetaknya, seperti Fiqh Sunnah, Fiqh Siroh Al Ghozali serta banyak lagi yang lainnya. Tentu ini adalah sebuah kemajuan yang sangat signifkan, meskipun jumlah kitabnya tergolong 'menyusut' dari sebelumnya. Merujuk pada ungkapan arab, maktabah syamilah versi ini adalah " ma qolla wa dalla " yaitu dalam bahasa Indonesia : singkat tapi padat, atau sedikit tapi berkualitas. Dalam bahasa jawa : cilik tapi mentes !.

Anda bisa mendownload versi terbaru di situs resmi Maktabah Syamilah disini

Atau langsung di link berikut (pilih salah satu)
Link download 1
Link download 2
Link download 3
Link download 4

untuk file upgrade dari versi 3.41 ke 3.42 bisa Anda unduh disini


Semoga bermanfaat dan salam optimis.

7 komentar:

  1. 2 gb..?
    waduh pak, kalo di jogja sih ga masalah. di tengah hutan gini bisa seminggu baru tamat neh..
    nais info. suwun pak..

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum pak.

    Yg saya permasalah sekarang adalah gimana cara downloadnya pak..

    Di rumah saya spidol lola sekali...

    T.T

    Masya ALLAH

    BalasHapus
  3. @rawins : belum selesai mas proyek tengah hutannya nih ? sukses aja deh
    @kalong : saya juga pake spidol lho ..

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaykum.

    apakah dikitab ini ada kitab Imam adz-dzahabi yaitu Mukhtasor al-'uluw pak?

    saya mempunyai versi 3.28 namun banyak kitab yang kosong, shahih bukhari dan muslim hanya kelihatan judul bab saja, namun matan tidak ada..

    saya juga ingin mendapat dvd apa bisa pak?

    alamat saya:

    Jl. Garuda II no.33 prumnas griya nusantara / prumnas sidomulyo kec. marpoyan damai kel. maharatu, Pekanbaru, Riau 28284

    atas nama January Ananda Putra

    saya sangat berterimakasih atas kiriman dan bantuan dari bapak. semoga Allah membalas..

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum

    Sebelumnya salam kenal akh, ana coba download dl ya akh kelihatannya mantep banget,syamilah bisa sesuai halaman aslinya....

    jazakumulallah wa barakallah

    BalasHapus
  6. Salam kenal ust...

    Filenya besar..jadi donlodnya waktunya lama...

    bisa di split lagi ndak jadi ukuran 500 MB/300 MB biar ntar tinggal digabungin...

    terima kasih

    BalasHapus
  7. assalaamu'alaikum wr. wb.

    Ust, ana coba download ternyata lama sekali, mungkinkah ana bisa di copykan dalam bentuk DVD ? seluruh biaya ana siap ganti ....

    wassalaam.

    BalasHapus