16 Des 2010

Inilah Tempat Belajar Bahasa Arab Intensif di Jawa Tengah

Tidak diragukan lagi, bahwa Bahasa Arab mempunyai peran yang signifikan dalam perkembangan dakwah dan semangat keislaman di masyarakat kita. Ketertarikan kaum muda dalam mempelajari bahasa Arab pun kembali menggeliat akhir-akhir ini. Setidaknya sosok Fahri dalam Ayat-Ayat cinta, dan Azam dalah Ketika Cinta Bertasbih ikut mendongkrak ketertarikan kaum muda tersebut. Banyak orangtua yang berharap anaknya bisa belajar di Mesir atau Timur Tengah sana, maka dimulai dengan menyarankan anak-anaknya untuk belajar bahasa Arab.

Belajar bahasa Arab itu mudah, hanya saja membutuhkan kesabaran. Nah, kesabaran itulah yang menyusahkan. Karenanya, dalam belajar bahasa Arab dibutuhkan sebuah komunitas, lingkungan sekaligus kurikilum yang terpadu dan intensif, agar mereka yang belajar tidak cepat bosan dan meninggalkan gelanggang begitu saja. Bagi mereka yang hendak serius mempelajari bahasa Arab, haruslah pandai memilah dan memilih tempat belajar bahasa Arab

Lembaga Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam “Mahad Abu Bakar As-shiddiq” Universitas Muhammadiyah Surakarta, adalah salah satu alternatif tempat belajar bahasa Arab terbaik di Surakarta bahkan Jawa Tengah. Memberikan kepada mahasiswanya beberapa fasilitas unggulan sebagai berikut :

Fasilitas Pendidikan : 

•    Bahasa Pengantar Berbahasa Arab, keculai di tingkat Pra-Perkuliahan (Tamhidi)  diberikan prosentase 60 % bahasa Arab. Mahasiswa akan terbiasa untuk mendengar dan memahami percakapan dan materi bahasa Arab dengan cepat, sebagaimana juga belajar untuk melafalkan dengan ringan dan mudah.
•    Kurikulum Standar Program I’dad Lughowy Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta, dengan berbagai penyesuaian mengikuti perkembangan metodologi pembelajaran bahasa arab yang terus berkembang.
•    Tenaga Pengajar S1, S2 lulusan Timur Tengah dan LIPIA, yang terus diupgrade melalui Training Pembelajaran Bahasa Arab yang rutin digelar oleh kantor Pusar Yayasan Muslim Asia di Jakarta.
•    Masjid Kampus yang Luas dan Nyaman untuk beribadah, tilawah, kajian dan juga penyelenggaran kegiatan-kegiatan tertentu.
•    Gedung dan Ruang Belajar yang Representative.
•    Laboratorium Bahasa yang canggih, Modern dan nyaman, menyediakan film-film pembelajaran bahasa Arab, CD Murottal dan yang semacamnya.
•    Perpustakaan dengan Koleksi Buku dan Kitab Berbahasa Arab maupun Majalah Islam Indonesia kontemporer.
•    Tempat Parkir Luas dan Aman
•    Tersedia Kelas Pagi dan Sore (Khusus untuk Putri hanya Pagi)
•    Tersedia Asrama / Pesantren Mahasiswa dengan berbagai kegiatan yang menarik , seperti : Olahraga, Outbond, Rihlah, Bedah Buku dan sebagainya.
•    Layanan Hotspot WIFI gratis

Diantara seluruh fasilitas tersebut, yang menarik adalah bagi para mahasiswa yang telah menyelesaikan empat semester perkuliahan, mendapatkan kesempatan beberapa pilihan yang menarik dalam meretas jalan menuju masa depannya, diantaranya :
  • Bergabung menjadi Da’I  Yayasan Muslim Asia ( AMCF) setelah mendaftar dan mengikuti training intensif selama tiga bulan, kemudian ditempatkan di seluruh Indonesia dengan uang kafalah yang mencukupi kebutuhan sehari-hari.
  • Melanjutkan pendidikan S1 ke Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan langsung menapaki perkuliahan Semester 5, sehingga tinggal membutuhkan waktu dua tahun lagi untuk menyelesaikan jenjang strata satu.
  • Melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah atau LIPIA Jakarta dengan bimbingan, informasi, arahan dan rekomendasi dari para Dosen yang telah berpengalaman.
Kegiatan Mahasiswa

Kegiatan Mahasiswa di Mahad Abu Bakar As-Shiddiq di wadahi oleh Bagian Dakwah, Bagian Kegiatan Mahasiswa (Qism Nasyath) dan juga Bagian Asrama Mahasiswa ( Qism Sakan) yang selama ini telah mengadakan beberapa kegiatan unik dan menarik antara lain :
•    Rihlah Ramadhan , yaitu program pengiriman da’I ramadhan yang diikuti oleh mahasiswa semester akhir. Dimana peserta akan mengikuti program selama 20 hari awal ramadhan di masjid-masjid yang telah ditentukan di sekitar Solo Raya.
•    Lomba Pidato dan Ceramah berbahasa Arab
•    Lomba Drama dan teater berbahasa Arab
•    Lomba Olahraga antar Kelas , meliputi sepak takraw, volly, dan tarik tambang.
•    Training Pra Nikah, yang dibuka untuk peserta umum di luar mahasiswa Mahad.
•    Rihlah dan Wisata Ukhuwah bersama mahasiswa dan dosen, ke Pantai Depok, Bantul.

Nah, tunggu apa lagi ? bagi anda yang tertarik silahkan hubungi langsung Mahad Abu Bakar As-shiddiq untuk informasi lebih lanjut , dengan alamat sebagai berikut :

Mahad Putra ( Samping Fakultas Farmasi UMS)
Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jl Ahmad Yani 1 Pabelan Kartasura, Surakarta Jawa Tengah telp  (0271) 730278

Mahad Putri
Pondok Muhammadiyah Hj. Nuriyah Shobron UMS
Jl. Latar Putih 1, Saripan  Makam Haji Kartasura Surakarta Jawa Tengah Telp (0271) 7011579

Pendaftaran dibuka setiap semester : Perkiraan waktu Desember-Januari dan Juni-Juli
Semoga bermanfaat dan salam optimis.

4 komentar:

  1. Syukron ala kulli hal, jadi terbantu .... :D

    BalasHapus
  2. untuk kursus bahasa arab non formal apakah ada?

    BalasHapus
  3. @ulva : ada beberapa yang non formal, silahkan search di google .. atau beberapa mahad yang ada di kota terdekat anda

    BalasHapus
  4. prsyartan umur ad kah??

    BalasHapus