17 Nov 2010

Rangking Alexa dan Internet Sehat

Mungkin ini pertama kali saya menulis tentang Alexa di blog Indonesia Optimis. Biasanya, untuk sekedar cuap-cuap tentang Alexa saya menempatkannya dalam blog saya tersendiri yaitu Blogger Diary. Namun tampaknya, berdasarkan pengamatan saya terhadap nilai Alexa blog Indonesia Optimis dalam dua pekan terakhir ini, yang masih setia nongkrong di angka 260-an, membuat saya akhirnya terpaksa menuangkan tulisan tentang Alexa juga dalam blog ini. Sudah menjadi rahasia umum, juga sudah saya buktikan sendiri dalam blog saya yang lain, bahwa dengan menulis sebuah konten dan postingan tentang Alexa, akan membuat rangking Alexa anda bisa turun dengan sendirinya ! Tidak percaya silahkan lanjut di postingan saya seputar hal tersebut disini.

Bagi saya sendiri, atau mungkin semua pecinta internet sehat,mungkin rangking Alexa bukanlah menjadi sebuah target yang harus dikejar terus menerus. Ini semua tergantung cara pandang kita tentang Alexa, ia bisa bermakna positif dan juga negatif. Bingung ? Mungkin ini sedikit penjelasan singkatnya.

Alexa Rangking mempunyai nilai dan efek positif, jika :
1.    Membuat kita konsisten dalam update postingan, sehingga membuat kita terus aktif membaca, searching dan browsing agar mendapat inspirasi baru tentang tema yang akan kita tuliskan. Alexa sangat mendorong akan hal ini, karena rangking Alexa tiap hari bisa dipastikan berubah baik naik atau turun tergantung traffic kita. Sementara traffic kita bergantung pada tulisan kita, semakin banyak postingan kita dan semakin bermutu maka traffic kita pun akan meningkat. Dengan sendirinya, rangking Alexa pun semakin langsing dan menarik.

2.    Membuat nilai blog kita semakin berharga dan mempunyai harga tawar tinggi. Ini akan menjadi positif karena mengundang lebih banyak jaringan dan pertemanan. Bukan tidak mungkin, tawaran iklan pun akan semakin mudah di dapat. Sebagi admin, kita pun punya bargaining saat melakukan tawar menawar iklan dan yang semacamnya.

3.    Nilai Alexa terkadang menjadi syarat dalam mendapatkan fasilitas gratisan tertentu. Ini sesuatu yang unik dan bagi saya juga baru. Diantara contohnya adalah pemberian fasilitas Smadav Pro yang semestinya membutuhkan donasi tertentu, oleh pemiliknya Zainudini N diberikan fasilitas gratis kepada mereka admin blog yang mempunyai nilai Alexa di bawah 400.000. Mungkin saja akan ada peluang dan fasilitas lainnya yang mensyaratkan rangking Alexa yang signifikan.

Sementara itu, nilai Alexa juga bisa mempunyai efek negatif jika :
1.    Hanya menjadi alasan bagi kita untuk sering update postingan dan mengejar traffic, dengan memostingkan hal-hal yang kurang pantas, kurang sehat, atau juga sekedar copy paste dari berita dan tulisan blog lain yang ada. Lebih parah lagi jika tulisan copas tersebut diakui sebagai tulisan asli pemilik blog tersebut. Konten yang panas, hot dan menarik juga biasanya menjadi senjata para pemburu Alexa, karena sudah menjadi rahasia umum, bahwa postingan semacam itu akan dengan mudah menarik user internet untuk ‘menongkronginya’

2.    Bisa menjadi negatif jika itu hanya kita gunakan untuk kesombongan dan gagah-gagahan. Kita pasang besar-besar dalam blog kita untuk menakut-nakuti pengunjung yang datang. Ini kadang memang terjadi tanpa disadari, bahwa Alexa bukan menjadi alat motivasi diri, tapi menjadi alat pamer dan merendahkan blog lainnya. Sehingga terkadang mungkin, pemilik blog dengan rangking Alexa yang kecil merasa tidak terlalu harus melayani komentar atau masukan dari blogger dengan alexa yang tambun.

Mungkin saja masih banyak efek negatif dan positif seputar Alexa yang terserak. Barangkali sahabat blogger Indonesia yang optimis juga pengalaman khusus, silahkan dishare dalam komentar postingan ini.

Semoga bermanfaat dan salam optimis.

4 komentar:

  1. Menurut saya menilai alexa dari sudut pandang positif dan negatif itu sama dengan menilai kuliah VS otodidak dari sudut pandang yang sama.

    BalasHapus
  2. apa yang anda ungkapkan menarik sebenarnya, tapi masih tersembunyi bagi saya.. mungkin anda bisa bantu saya memahaminya ? salam optimis dan terima kasih telah berkunjung

    BalasHapus
  3. saya telah berganti domain kurang lebih 3x (BLOGSPOT - BLOGSPOT - .COM) sehingga otomatis alexa saya balik seperti bayi lagi alias no data.. Hhee

    BalasHapus
  4. malah baru tahu, tadz. Berapapun angka Alexa anda, minumnya... eh ngeblognya jalan terus ya tadz..

    BalasHapus