15 Okt 2010

Download Powerpoint Public Speaking untuk Pemula

 Banyak para pemuda yang enggan dan malu-malu saat diberikan amanah sekaligus kesempatan untuk berbicara di depan umum. Setidaknya pada saat Ramadhan kemarin, nyaris yang maju di sebuah masjid hanya beberapa orang tua atau pemuda tertentu saja. Anggapan bahwa berbicara di depan orang banyak adalah momok sekaligus beban psikologis yang berat, membuat banyak yang memilih menjauhi mimbar ataupun sarana dakwah lainnya.

Padahal bagaimanapun, sebagai salah satu sarana dakwah , ceramah tetap saja akan senantiasa dibutuhkan dan ditunggu oleh masyarakat kita. Karenanya, mau tidak mau dan suka tidak suka, kepada mereka yang peduli dengan dakwah Islam, hendaknya mempersiapkan diri secara khusus di bidang ketrampilan dakwah dan ceramah. Jika sebelumnya kami telah berbagi  kumpulan contoh mukoddimah ceramah , maka pada kesempatan kali ini kami sampaikan materi powerpoint bagaimana kiat praktis dalam public speaking, agar tampil menarik dan menggugah.

Inti dalam dakwah, sebagaimana disitir dalam surat an-Nahl ayat 125 : adalah dakwah secara bil hikmah wal mauidhotil hasanah. Dua hal yang menjadi andalan suksesnya dakwah , yaitu al -hikmah ( hukum atau konten yang jelas), serta mauidhotil hasanah, yang bisa juga diartikan sebagai cara penyampaian yang baik atau public speaking itu sendiri.. Keduanya sangat penting untuk dikuasai, mari berlomba untuk menambah bekal dakwah dan menyebarkannya di tengah masyarakat.

Materi powerpoint adalah materi 'jadul' yang pernah saya gunakan untuk pembekalan dai ramadhan sekitar tiga tahunan yang lalu, saat saya belum banyak berkutat dan akrab dengan powerpoint, bahkan dakwah public secara umum. Tapi kemudian, saya revisi secara singkat dan praktis, untuk saya sampaikan pada calon da'i muda, yaitu para mahasiswa Mahad Abu Bakar Universitas Muhammadiyah Surakarta khususnya yang tinggal di asrama. Harapan sederhana, agar mereka lebih sedikit berani dan percaya diri dalam memulai langkah menjadi da'i atau penceramah. Tentunya semua harus senantiasa diniatkan mengharap pahala dan keridhoan Allah SWT.

Untuk download materi powerpoint, silahkan klik link di bawah ini :


Materi Powerpoint Public Speaking untuk Dai Pemula*

* materi berbentuk file powerpoint 2007 (pptx) dengan berat 11 MB ( cukup berat karena banyak gambarnya )

1 komentar: