6 Sep 2010

Bekal Mudik Lebaran bersama Indonesia Optimis

Ramadhan belum lagi usai, tapi segenap euforia dan aura untuk menyambut kemenangan sudah tidak bisa terbendung lagi. Masyarakat kita begitu bersemangat meniti hari-hari akhir ramadhan dengan berbagai persiapan menjelang Ramadhan. Kita semua tidak bisa menolak panggilan fitrah untuk bergembira di hari raya, sebagaimana kita juga tak kuasa menahan haru saat benar-benar melepas tamu yang hanya akan kembali sebelas bulan ke depan. Ramadhan yang mulia , meski tentu kita berharap semangat, hikmah dan pelajarannya tetap ada di hati.

Ada banyak agenda yang sudah ada di hadapan Anda dan saya, mari sedikit berbagi bekal motivasi dan inspirasi untuk menjalaninya dengan penuh persiapan dan keberkahan. Ada beberapa postingan blog ini yang bisa menemani Anda dan keluarga mengakhiri Ramadhan dan berlebaran, semoga bermanfaat dan salam optimis.

1. Bagaimana Mengakhiri Ramadhan
untuk menambah bekal persiapan kita dalam melepas Ramadhan dengan baik dan sempurna, seraya berharap mempunyai kesempatan bertemu kembali di tahun yang akan datang.

2.Menyelami Hikmah Ramadhan
Ramadhan akan berlalu, tapi kita semua berharap bahwa semangat dan hikmahnya akan senantiasa tertanam di hati. Karenanya, menyelami hikmah Ramadhan adalah oleh-oleh tersendiri yang harus kita bawa dan simpan untuk mengisi hari-hari di luar Ramadhan.

3.Materi PPT : Pengantar Fiqh Zakat
Zakat adalah kewajiban asasi bagi seorang muslim. Bulan Ramadhan menjadi momentum yang sangat berharga untuk menunaikan kewajiban ini. Namun banyak orang masih belum memahami dan menghayati kewajibannya, perlu bagi kita menelaah lebih lanjut tentang zakat dan menjalankannya, agar sempurna ibadah kita dalam ramadhan ini.

4. Mengupas Kata Mudik
Tradisi mudik memang selalu asyik dan mengusyik. Fenomena rihlah pulang kampung tahunan ini senantiasa mengincar pemberitaaan banyak orang  di akhir Ramadhan. Perlu rasanya kita menelaah sisi lain dan keunikan makna kata mudik, yang bisa jadi menginspirasi kita agar mudik kali ini lebih bermakna.

5.Menyelami Hikmah Safar
Mudik adalah safar , sebuah perjalanan yang mempunyai hikmah dan etika tertentu dalam syariah kita yang indah. Mari menyelami hikmah safar agar niatan kita dalam mudik lebih kokoh dan tetap mengharapkan keberkahan dari Allah SWT

6.Materi PPT : Adab dan Hukum Safar
Sebelum Anda mudik pastikan segala pertanyaan tentang aturan safar dan bepergian dalam Islam bisa tuntas terjawab. Percayalah, semakin kita paham justru perjalanan yang kita lalui akan semakin mudah dan berkesan.

7.Materi PPT : Adab dan Permasalahan seputar Doa
Kondisi Anda sebagai pemudik menjadikan doa-doa kita akan terkabul, karenanya kita perlu melengkapi bekal mudik kali ini dengan mengetahui pernak-pernik seputar doa dan etikanya dalam Islam. Agar doa kita lebih tertata dan lebih potensial untuk terkabul insya Allah.

8.Optimalisasi Sedekah
Semangat berbagi di hari raya sudah hal yang jamak lagi. Banyak yang pulang kampung dengan tujuan berbagi rizki. Mari mengoptimalkannya agar sedekah Anda lebih berkah dan bermanfaat bagi diri dan keluarga.

9.Mengupas kata Lebaran
Istilah lebaran ternyata mempunyai segudang keunikan tersendiri. Mari bermain kata dan istilah untuk menemukan hakikat sejati dari Ramadhan.

10.Minta Maaf itu Mesra
Meminta maaf lahir dan batin adalah keunikan tradisi lebaran di Indonesia. Mari menjaga dan memelihara tradisi baik ini, khususnya kepada orang-orang terdekat kita. Para suami dengan istri misalnya, perlu banyak melapangkan dada untuk meminta maaf terhadap pasangan sejatinya. Ini tidak mudah, tapi kami beritahukan rahasianya pada Anda dan pasangan.

11.Manajemen Dakwah Keluarga ( Plus Powerpoint)
Kesempatan berkumpul bersama keluarga besar, marilah kita gunakan untuk menebarkan inspirasi kebaikan dari keindahan ajaran Islam. Dakwah keluarga menjadi begitu penting untuk dipahami urgensi dan metodenya. Bekal ini akan bermanfaat mengisi hari-hari mudik Anda.

12. Mewacanakan Nikah pada Orangtua
Khusus bagi para bujangan, saat mudik adalah waktu yang tempat untuk membicarakan masa depan di hadapan orang tua dan seluruh keluarga besar. Ada tips tertentu yang harus Anda pertimbangkan sebelum nekat mengajukan proposal pernikahan pada orang tua tercinta !

13.Hari Raya yang terlupakan
Jika hari raya idul fitri usai, maka tak perlu bersedih terlampau lama, karena sesungguhnya syariah kita telah menghadiahkan hari raya berikutnya yang bisa kita nikmati dan rayakan setiap pekan. Simak paparan tentang hakikat Jumat sebagai hari raya, dan rasakan semangatnya dalam meniti hari-hari selanjutnya.

Selamat mengambil bekal, semoga tertunai semangat kita dalam mengoptimalkan ramadhan dan hari raya sebagai ajang panen pahala dan pembentuk kepribadian diri. Semoga Allah SWT menerima seluruh amal ibadah kita selama bulan Ramadhan 1431 ini.
Ramadhan hari menjadi bersih, cukup sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar