5 Agu 2010

Powerpoint Tarhib Ramadhan 1431 H


Pekan ini semarak tarhib Ramadhan mulai terasa. Dari mulai majelis pengajian, kantor , hingga instansi pemerintah, semuanya berduyun-duyun menyelenggarakan kajian menyambut Ramadhan, yang biasa disebut dengan Tarhib Ramadhan. Tarhib sendiri berasal dari kata : rohaba -yurohhibu, yaitu menyambut. Karenanya kita juga sering mendengar ungkapan " Marhaban ya Ramadhan ! ". Fenomena Tarhib Romadhon ini barangkali muncul sejak lima enam tahunan ini. Dahulu kala menjelang Ramadhan, yang dikenal masyarakat justru kebiasaan-kebiasaan berbau adat yang mungkin tidak ada kaitannya secara khusus dengan Ramadhan. Seperti budaya pasar malam " Dandangan" di kota kelahirang saya, atau Dugderan di Semarang, ataupun budaya mandi dan berenang bersama khas "padusan" di daerah Solo dan sekitarnya, atau budaya umum Jawa dengan istilah 'nyekar', yaitu berziaroh ke makam orangtua dan kerabat sebelum Ramadhan tiba.

Setelah berbagai macam ragam budaya tersebut dikenal masyarakat kita, maka mulailah fenomena Tarhib Ramadhan mengemuka di akhir lima tahunan ini. Bentuknya pun beragam, dari mulai pawai anak-anak, lomba TPA, sampai yang paling umum dilakukan adalah ceramah atau pengajian menjelang Ramadhan. Kajian ini biasanya berupaya untuk mengkondisikan umat tentang kedatangan Romadhon, mengingatkan akan hikmah dan keutamaannya, menyerukan tentang berbagai persiapan yang harus dilakukan.

Kajian semacam ini menjadi sangat penting, dimana masyarakat kita mungkin banyak terlena dengan rutinitas kerja setahun penuh, dan terkadang hanya bisa terperanjat saat menyadari ramadhan semakin dekat. Dalam prinsip manajemen manapun, kita akan temui tentang urgensi perencanaan. Maka begitu pula kita semua dalam menyambut Ramadhan, membutuhkan perencanaan yang matang.

Hari ini satu pekan sebelum Ramadhan, kajian Tarhib Ramadhan mulai semarak di mana-mana. Bagi Anda yang senantiasa berbagi semangat dan inspirasi di tengah-tengah umat, barangkali sedikit materi powerpoint ini bisa jadi bahan pertimbangan dalam mengisi Kajian tarhib Ramadhan. Sungguh akan banyak ditemui kekurangan, karenanya silahkan saja Anda memodifikasi, menambahi dan mengurangi agar sesuai dengan yang diinginkan. Semoga bermanfaat dan salam optimis.

Untuk download materi powerpoint Tarhib Ramadhan 1431 H, silahkan klik tombol di bawah ini :



PENTING : update dan revisi powerpoint ramadhan terbaru bisa Anda  KLIK DI SINI

7 komentar:

  1. mari kita sambut bulan ramadhan sebentar lagi datang :D

    BalasHapus
  2. selalu down load..jazakumulloh ustadz..moga menjadi amal jariyah panjenengan, amiin

    BalasHapus
  3. JAZAKALLAAH USTADZZZZZZ....

    BalasHapus
  4. alhamdullillaah, dapat ilmu baru.terimakasih ustadz...

    BalasHapus
  5. terima kasih ustd, insya Allah bermanfaat

    BalasHapus