31 Agu 2010

Menjadi Blogger yang Bahagia

Menjadi Blogger yang Bahagia, maaf mungkin dari judulnya Anda akan langsung menebak bahwa artikel ini dibuat untuk meramaikan kontes SEO dengan keyword ‘menjadi blogger yang bahagia’.  Kesimpulan Anda tidak sepenuhnya salah, tapi ada hal lain yang ingin saya bagi disini. Jujur saya memang terinspirasi dengan judul kontes SEO tersebut, sekali lagi : terinspirasi dengan judulnya, bukan kontes SEO-nya, karena memang sejak awal saya cukup berminat menulis tentang aktifitas blogging dari sisi pandang yang lain. Mungkin mencoba sedikit berbeda dengan yang banyak dilakukan oleh para blogger yang saling berkompetisi menuliskan tutorial blog dalam update postingannya ( maaf jangan tersinggung ya – saya juga ambil manfaat dari yang apa anda tulis kok ! ).

Sebagai bukti bahwa saya cukup minat dengan tulisan seputar aktifitas blogging dengan nuansa yang berbeda, saya pernah menuliskan secara khusus tentang panduan blogger dakwah, yaitu cara berdakwah efektif dengan media blog. Bukti lainnya, saya juga mempunyai blog secara khusus untuk sharing dan berbagi cerita pengalaman blogging. Nah, cukup pembelaan saya bahwa saya ‘sekedar’ terinspirasi, bukan ikut-ikutan posting tentang menjadi blogger yang bahagia tetapi tanpa makna (maaf lagi lagi kalau sedikit menyinggung).

Mari kembali kita ke tema permasalahan ; menjadi blogger yang bahagia. Ijinkan saya membahas sedikit tentang kebahagiaan sebelum membahas tentang blogger yang bahagia. Kebahagiaan kata orang bijak adanya dalam hati. Hati mengendalikan kita dalam menyikapi sesuatu. Jika mendapatkan suatu hal yang menggembirakan, hati akan memerintahkan kita untuk bersyukur. Maka sempurnalah kebahagiaan itu. Begitu pula jika kita mendapatkan sesuatu yang tidak menyenangkan berupa musibah misalnya, maka hati akan memerintahkan kita untuk bersabar, maka kemudian musibah itu akan berakhir dengan happy ending insya Allah.  Jadi pada titik ini, syarat awal untuk menjadi bahagia memang ada di hati. Karenanya, mari jernihkan hati agar segala apa yang kita capai atau kita derita, tetap berbuah bahagia di hati kita.  Sungguh menakjubkan ! demikian kata Rasulullah SAW saat menceritakan kondisi seorang mukmin dengan dua senjatanya : sabar dan syukur !

Lalu bagaimana kemudian hati blogger menjadi bahagia ? Apakah karena capaian peringkat di Google Page Rank dan Alexa ? Ataukah berita yang mengejutkan dari Google Adsense untuk mencairkan pembayaran yang dihasilkan ? Atau mendapat nama dan popularitas sehingga banyak yang memuji dan bahkan memuja ? . Mungkin saja hati blogger bergembira menerima semua hal di atas, tapi tunggu dulu sejenak, mari merenungkan kebahagiaan seorang blogger yang sesungguhnya dari sisi pandang yang berbeda:

Menjadi Blogger yang Bahagia  karena banyak Tamu dan Ia bisa memuliakan Tamunya dengan Baik
Benar menjadi blogger yang berbahagia adalah saat rumahnya di dunia maya ini kebanjiran tamu (pengunjung blog). Sungguh, datangnya tamu sudah cukup membahagiakan hati kita. Tapi akan lebih berbahagia lagi jika kita bisa memuliakan tamu rumah kita agar tamu kita betah dan merasa perlu untuk berkunjung lagi.  Karenanya, tuan rumah yang baik selalu mengusahakan banyak hal agar para tamu nyaman dan enjoy di dalamnya. Nah, jika Blogger adalah tuan rumah, ia akan bahagia saat pengunjung singgah dan datang menyapa. Tapi jangan lupa, ia juga harus melakukan banyak hal untuk memuliakan tamunya tersebut. Untuk tips lebih lengkap tentang memuliakan tamu ala blogger, ada baiknya Anda melihat postingan kami seputar hal tersebut di postingan Tips Memuliakan Tamu ala Blogger

Karenanya, tips menjadi blogger yang bahagia yang pertama adalah : perbaiki dan perbarui hidangan (konten) blog Anda, pernyaman suasana dan desain (template) rumah Anda, dan sambutlah pengunjung yang datang dengan ramah (friendly). Tunggu saja maka keajaiban itu akan terjadi.

Menjadi Blogger yang Bahagia  karena Ia bisa Berbagi dan Menebarkan Manfaat bagi yang Lainnya
Kata orang, puncak kebahagiaan justru saat kita bisa membahagiakan orang lain. Sungguh blogger mana yang tidak bahagia, saat yang ia tulis atau ia bagikan ternyata berbuah manfaat bagi orang banyak. Mungkin saja ada satu dua komentar pujian dan terima kasih, tapi sesungguhnya ia sudah cukup bahagia jika apa yang tuliskan ternyata menjadi postingan terpopuler, atau apa yang upload ternyata banyak di download oleh yang lainnya. Atau bahkan sekalipun apa yang ia tulis disalin oleh yang lainnya untuk disebarkan begitu saja, ia tetap tersenyum lapang karena itu berarti kemanfaatannya semakin luas tak terkira. Jika apa yang ia tulis adalah anjuran kebaikan atau nasehat penyemangat, maka jangan heran jika yang mencatat bukan hanya Alexa Traffic dan Blogger Statistik saja, tetapi bahkan malaikat pencatat kebaikan di langit sana ! Menakjubkan bukan ?

Nah, jadi tips yang kedua menjadi blogger yang bahagia adalah : berikan tulisan dan artikel yang bermanfaat, tips dan trik atau bahkan software dan file yang banyak dibutuhkan blogger lainnya. Saat mereka memanfaatkannya, maka kebahagiaan itu benar-benar akan melanda hati kita . Sungguh !

Menjadi Blogger yang Bahagia  karena ia bebas menyalurkan hobbi, keinginan, fikiran dan pendapatnya melalui dunia blogging.
Artinya apa, seorang blogger akan bahagia saat ia benar-benar merdeka dan bebas untuk menulis postingan, mendesain template, berkomentar, dan aktifitas lainnya tanpa ada paksaan dari siapapun ! Ia bebas berkreasi positif dari sisi konten dan template tanpa harus ragu-ragu apalagi takut untuk dicuekin oleh Alexa Traffic dan Google Pagerank. Ia pun tidak ragu dalam menuliskan postingan apapun asalkan membuat beban di kepalanya hilang, pegal dan lelah di badannya sirna !

Maka, tips yang ketiga untuk menjadi blogger yang bahagia adalah : Bebaskan ekspressi, kreasi dan inovasi positif Anda melalui  blog Anda ! Pastikan setiap postingan adalah pelepas lelah dan gundah di hati Anda.

Menjadi Blogger yang Bahagia  karena bertemu dengan orang-orang hebat yang memberinya semangat.
Sungguh blogger juga manusia, ia berada dalam segala keterbatasan, termasuk terbatas dalam semangat. Karenanya kita dapati banyak mereka yang ‘berjatuhan’ di jalan blogger, cepat jenuh dan merasa tidak bisa eksis di dunia ini. Atau merasa bahwa aktifitas ini terlampau semu untuk menyemangati diri.  Maka pada saat-saat yang kritis semacam itu, sungguh menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri saat kita menemukan teman-teman blogger lainnya yang datang menyemangati.  Mereka memberikan inspirasi agar kita tetap teguh dan tak kenal jenuh.

Inilah kebahagiaan yang sesungguhnya, saat dunia blog mengenalkan kita dengan sosok-sosok baru yang menebarkan spiritnya lewat komentar-komentar ringan di blog kita. Ia tidak hanya menumpang lewat, tetapi sungguh ingin berbagi dan lebih dekat kepada kita. Ia tidak berkunjung karena membalas kunjungan kita, tapi berkunjung karena tergugah untuk mengenal, lalu menginspirasi dan menyemangati kita. Semoga kita bisa menemukannya !

Akhirnya, banyak ragam langkah untuk menjadi blogger yang bahagia. Mari mengawalinya dengan hati yang jernih, penuh semangat dan aura yang positif untuk saling berbagi dan menyemangi antar blogger. Mari saling berjanji untuk memperbaiki kualitas blogging kita, lebih sehat, lebih manfaat dan lebih hangat ukhuwah antara kita.
Bulan Ramadhan hati menjadi bersih, cukup sekian dan terima kasih !

Info Penyelenggaraan Kontes:
http://www.masdoyok.co.cc/2010/08/info-kontes-menjadi-blogger-yang.html
Di Sponsori Oleh:
www.mungbisnis.com - Jasa Pembuatan Blog
www.Distro19.Com - Jual Kaos Couple Murah

Selengkapnya di www.MasDoyok.co.cc Info Kontes: Menjadi Blogger Yang Bahagia

18 komentar:

  1. aku setuju sob dengan ke empat aspek di atas....

    sukses slalu...

    BalasHapus
  2. terima kasih sob ,
    selamat juga atas posisinya di SERP
    smoga tambah bahagia dalam blogging kita

    BalasHapus
  3. halo sobat, selamat pagi
    salam blogger
    terima kasih

    BalasHapus
  4. selamat pagi sob
    kunjungan singkat yang mengejutkan ...

    BalasHapus
  5. aku ngikut aja gan :D
    semangat blogging :D

    BalasHapus
  6. wah semoga berhasil ya kontes seonya..
    makas uda k kandang keboo

    BalasHapus
  7. Postingan yang menarik...
    Sukses selalu.

    BalasHapus
  8. okelah kalau begitu ..
    salam blogging sehat dan semangat semuanya

    BalasHapus
  9. lagi kontes ya. pantesan dari kemarin banyak banget yang nulis tentang blogger bahagia...
    semoga sukses ya...

    BalasHapus
  10. ikut ngeramein aja kok,
    sekalian juga memang ingin nulis seputar blogger dan aktifitasnya

    BalasHapus
  11. Dan marilah kita usahakan merasa bahagia dalam aktifitas lainnya

    BalasHapus
  12. Siank Sob.. wah masih Blogger bahagia nie hhe... Semangat Terus Sob smoga menang..... lumayan buat Lebaran haha....

    BalasHapus
  13. sip dah,,^^,,, semoga sukses kontesnya,,tetap semngat ^^,,salam kenal,,:)

    BalasHapus
  14. Salam Blogger dan Salam Kenal.
    Yuk kita sukseskan kontes Menjadi Blogger Yang Bahagia ini...
    Semangaaaaat

    BalasHapus
  15. jika saya memilih untuk mengurutkan keempat prinsip menjadi blogger bahagia diatas, maka bagian ketiga saya lebih setuju untuk dikedepankan (baca: menjadi nomer satu)...

    kenapa demikian?

    karena saat ini masih banyak rekan blogger kita yang berangkat ngeBlog bukan dari keinginan sendiri untuk menyalurkan hobbi, fikiran dan pendapatnya.. melainkan hanya ikut2an trend atau malah takut dikatakan gaptek dan tidak gaul karena tak mengenal dunia blog?? hhmmm...

    buktinya? kalau anda survey rekan2 blogger dengan pertanyaan : pilih mana, ngeBlog untuk benar2 menulis/menuangkan ide, atau menjadi bisnismen online, cari recehan, cari tambahan penghasilan dsb..? saya berani jamin, anda akan mendapatkan banyak jawaban yang sudah dapat anda perkirakan sebelumnya.... hahahaaaa...

    BalasHapus
  16. berkunjung gan, ayo dioptimasi lagi artikelnya, domain dan hosting gratis menanti

    BalasHapus
  17. menjadi blogger yang bahagia tidak harus dengan mendapatkan penghasilan dari ngeblog itu sendiri. tapi bahagia batin lebih penting. seperti dapat teman2 baru dan banyak, tersalurkannya unek-unek hati, dsb. lebih baik lagi kalao 2-2 nya kan bro hehe

    BalasHapus