Breaking

LightBlog

19 Jul 2010

Tips membuka Powerpoint 2007 dengan Office 2003

Perkembangan teknologi terus berjalan dengan cepat. Jika tidak diikuti dengan kemampuan untuk memahami dan menaklukannya, maka mungkin banyak kemudahan dalam agenda dan beraktifitas yang terhambat. Contoh yang paling sederhana saat ini tentu dengan kemunculan Office 2007 yang bahkan sudah disusul dengan Office 2010. File-file hasil editan di Word, Excel dan Powerpoint 2007 tidak bisa dibuka di komputer mereka yang masih setia dengan Ms. office 2003. Beberapa teman mengalami hambatan semacam ini, begitu pula istri saya di rumah, masih belum beranjak dari office 2003. Alasan sederhananya adalah karena sudah terlanjur familier dengan fasilitas yang ada pada office 2003, dan gamang untuk belajar kembali office 2007 yang seolah terlihat sulit. Alasan lainnya mungkin berlandaskan kecepatan komputer atau laptop yang masih ‘bersahaja’ dan jadoel sehingga enggan untuk membebani komputer yang sudah renta.

Hambatannya kemudian memang saat berinteraksi dengan yang lainnya. Saat sudah banyak yang menggunakan file hasil editan office 2007, maka akan ditemukan kesulitan untuk share dan berbagi. Saya sendiri mengalami hal ini. File Powerpoint Presentasi Dakwah yang saya share kan ke sahabat blogger ada sebagian versi 2003 dan ada pula yang versi 2007, khususnya yang saya buat skeitar satu setengah tahunan ini. Bagi saya pribadi –misalnya- file Powerpoint dari office 2007 jauh lebih baik kualitasnya dari versi sebelumnya. Hal ini bisadilihat dari ketajaman gambar dan ragam desainnya, juga dari berat filenya. Di powerpoint 2003, sebuah presentasi yang di dalamnya kita gunakan gambar dengan format JPEG misalnya, hasil akhirnya minimal akan berukuran sebesar 4 sampai 5 MB. Ukuran sebesar ini untuk share di internet baik via imel maupun untuk diupload cukup menyulitkan, khususnya mereka yang memakai koneksi internet lambat ataupun bandwith terbatas. Karena itulah saya cukup enjoy dengan garapan powerpoint 2007.

Nah bagi teman-teman yang masih menggunakan office 2003, dan ingin membuka file powerpoint 2007, bisa menggunakan beragam cara. Yang paling sederhana tentu menggunakan program Open Office yang disediakan secara gratis dan mudah kita temukan di internet. Namun bagi yang ingin tetap membuka dengan office 2003, ada cara mudah dan sederhana yang mungkin bisa Anda coba. Saya beberapa kali sudah mempraktekannya dan berhasil. Alhamdulillah. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka Windows Explorer atau Folder tempat Anda menyimpan File PPT versi 2007
2. Klik Icon Tools dan sorot ke bawah  klik Folder Options



3. Akan muncul tampilan Folder Options, dan pilih VIEW, lalu sorot ke bawah dan hapus centang pada opsi
“ Hide Extension for Known File Types”. Kemudian klik Apply dan Yes



4. Kembali ke folder simpanan file Anda, maka sekarang tiap File akan dilengkapi dengan jenis ekstensi filenya. Misalnya : Hikmah Isra Mikraj.pptx ( pptx menunjukkan bahwa file berasal dari powerpoint 2007 )
 5. Rename file yang ingin Anda buka, ubah dari “.pptx” menjadi “.ppt”



6. Akan muncul peringatan untuk memastikan perubahan tersebut. Klik : YES



7. File Anda yang tadinya berbentuk pptx ( powerpoint 2007) sekarang sudah berubah dalam ekstensi ppt ( powerpoint 2003), sehingga dengan mudah dapat anda buka di komputer atau laptop anda.


 Langkah ini juga bisa Anda terapkan untuk jenis file office yang lainnya, seperti Excel dan Words. Dengan cara yang tidak jauh berbeda. Nah, selamat menikmati dan berbagi file-file presentasi dakwah dengan lebih optimal. Semoga bermanfaat dan salam optimis.

4 komentar:

  1. Assalamualaikum.
    Saya sudah mencoba tips di atas.
    Tetapi file Office 2007 yang sudah dirubah nama filenya tetap tidak bisa dibuka di Office 2003 ke bawah.

    Solusi lain bisa menggunakan converter yang banyak tersedia di internet.

    BalasHapus
  2. assalamualaikum
    mengubah extensi tidak lantas mengubah format file, yang praktis file 2007 buka di office 2007 kemudian di save as sebagai 2003, kalau belum diinstal, bisa meminta tolong yang mempunyai 2007 untuk menconvert

    BalasHapus
  3. download software ini aja bang "FileFormatConverters 2007"
    banyak kok tersedia di indowebster.com atau web file server lainnya
    tinggal di install... jadi deh
    ms office 2003 langsung bisa baca file office 2007

    (semoga ini bisa membantu)

    BalasHapus

Adbox