Kumpulan Contoh Mukaddimah Ceramah dan Kultum

on Selasa, 20 Juli 2010


Sahabat blogger Indonesia yang optimis, Ramadhan benar-benar telah ada di hadapan, mari siapkan diri kita dengan berbagai persiapan dan kesungguhan. Salah satunya tentu saja yang berhubungan dengan materi dakwah dan ceramah. Akan banyak muncul da'i-da'i muda, remaja masjid, bahkan anak-anak sekolah yang mau tidak mau, suka tidak suka, mendapatkan giliran untuk ikut berceramah Ramadhan. Baik untuk kultum setelah Isya, tarawih, ataupun setelah shubuh.

Bagi yang belum terbiasa berceramah, yang membuat agak grogi dan jengah adalah soal pembukaan atau mukaddimah awal ceramah/ kultum. Dan ini menjadi sangat penting karena letaknya di awal. Jika kita mendapati kesalahan di awal, biasanya akan lebih bertambah grogi setelahnya. Jadilah materi yang sudah siapkan menjadi bertebaran begitu saja di luar kepala.

Nah, untuk membantu mengurangi permasalahan tersebut. Berikut kami tampilkan sekian contoh mukaddimah ceramah/kultum,  yang kami pilih karena singkat dan praktis, agar lebih mudah dihafalkan, dipahami dan dipraktekkan. Semoga bermanfaat, dan selamat mempersiapkan diri mengisi Ramadhan yang mulia.

Contoh 1 : 
 
اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

Segala puji bagi Allah, al-Malik Al-Haqq, Al-Mubin, yang memberikan kita iman dan keyakinan. Ya Allah, limpahkan shalawat pada pemimpin kami Muhammad, penutup para nabi dan rasul, dan begitu pula pada keluarganya yang baik, kepada para sahabat piluhan, dan yang mengikuti mereka dengan penuh ihsan hingga hari kiamat.

Contoh 2 :


إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.

Contoh 3 :



اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ؛


Segala puji bagi Allah, yang Maha Mengetahui dan  Maha Melihat hamba-hambanya, Maha suci Allah, Dia-lah yang menciptakan bintang-bintang di langit, dan dijadikan padanya penerang dan Bulan yang bercahaya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya, yang diutus dengan kebenaran, sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan, mengajak pada kebenaran dengan izin-Nya, dan cahaya penerang bagi umatnya. Ya Allah, curahkan sholawat dan salam bagi nya dan keluarganya, yaitu doa dan keselamatan yang berlimpah.

Untuk contoh mukaddimah ceramah lainnya yang lebih banyak lagi silahkan download file lengkapnya ( Ms.Word 2003)  di bawah ini :




Semoga bermanfaat dan terima kasih

Ingin ngobrol dengan saya ? Follow saya di Twitter @hattasyamsuddin
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada update artikel di Blog Indonesia Optimis
About Hatta Syamsuddin :Penulis, Pengajar Pesantren Mahasiswa Arroyan Solo, Trainer Motivasi Keislaman dan Keluarga Romantis. Silahkan download kumpulan presentasi kami dengan klik disini. Untuk permintaan mengisi Seminar, Ceramah dan Training silahkan klik disini , atau langsung hubungi no 081329078646 dan email via sirohcenter@gmail.com
Share this article :

32 komentar :

Anonim mengatakan...

Jazakallah ustadz

badrun mengatakan...

Syukron katsir ya ustad, jazakumullah khoirol jaza' :)

Anonim mengatakan...

Terima kasih, Ustad. Lagi butuh contoh. Buat persiapan KULTUM RAMADHAN.

hidupku matiku hanya untuk ALLAH semata,, mengatakan...

matur nuwun pak ustat...semoga amal kebaikan d treim di sisis allah......amin

ikhin mengatakan...

moga berkah.....

dewi mengatakan...

ditambahkan lagi ya contoh mukadimahnya....

bani mengatakan...

Jazkllh Khoiron Tadz...

Anonim mengatakan...

terima kasih ustadz

Anonim mengatakan...

selamat, lanjutkan ustadz

Anonim mengatakan...

semoga apa yang ustadz sampaikan mendapat pahala yang besar. amin

Anonim mengatakan...

Jazakallah, ustadz...

o iya, bisakah ditambahin riwayat bagaimana Rasulullah membuka majelis (membaca mukaddimah)?

supardi mengatakan...

ust, ane ijin download beberapa materi. syukron

Anonim mengatakan...

Ustadz, saya ijin download file-filenya ya,
semoga menjadi amal jariyah..
Jazakillah Ustadz,

Anonim mengatakan...

jazakallah ustadz

FREDROLIX mengatakan...

MAKASIH PAK FREE DOWNLOADNYA...
JARANG-JARANG ORANG NGASIH JALAN LURUS GA PAKE UANG.....

ibnu alfiansyah mengatakan...

hahahahahahahah

Hatta Syamsuddin mengatakan...

ya semoga bermanfaat yah bagi semua .. dunia akhirat insya Allah

ardian putra mengatakan...

matur nuwun ingkang tanpo pepindan

Anonim mengatakan...

Maturnuwun sanget

choki mengatakan...

Izin dowload ustadz, makasih ilmunya

Anonim mengatakan...

mohon izin download Ustadz,jazakumullahu khairan katsiran
apakah boleh di-share ke ikhwan ana ?

Anonim mengatakan...

terima kasih, untuk tambahan wawasannya Aqhi... izin di copy - salam kenal ; syahril /cibinong

Nasrudin mengatakan...

sangat bermanfaat. terimakasih pak ustd...

Ahmad Saadillah mengatakan...

Salam kenal akhi

primi mengatakan...

subhanallah,hatta,tak kusangka hehe

Astry Rizky mengatakan...

subhanallah betapa indahnya kata2 itu pak uzdtadz,,,, !

Asep Susanto mengatakan...

TERIMA KASIH USTADZ ,,, SAYA JADI BANYAK TAW NI

Imam Safi'i mengatakan...

mhn izin DL..syukran..jazakallah

maulana bachri mengatakan...

assalamualaikum
terima kasih
semoga menjadi amal yang di terima allah
aamiin

La Rudini mengatakan...

assalmualaikum
terimah kasih ustat

JIM mengatakan...

syukron katsiron..

Anonim mengatakan...

Jazakalloh Ustadz... mohon izin juga utk share ke teman2 lainnya...jika ada yang mau

Poskan Komentar