15 Jul 2010

Inovasi Pagi Hari


Semua sepakat kita menemukan energi baru setiap pagi. Ada ketenangan dan kekuatan baru yang siap kita gunakan untuk menyambut hari. Apalagi jika kita tidak tinggal di rumitnya perkotaan, alias masih beruntung bisa menikmati kicauan burung, kokok ayam bersahutan, plus udara sejuk yang menusuk-nusuk, pastilah ketenangan itu akan menjadi berlipat-lipat.

Allah SWT memang menjadikan malam sebagai tempat istirahat dari berbagai penat. Mengistirahatkan jasad dan fikiran kita yang senantiasa terlunta-lunta mengais kenikmatan dunia. Karenanya setiap pagi kita bersyukur diberikan kembali kehidupan. Ketenangan dalam memulai hari. Tidak ada orang yang marah2 di pagi hari, karena suasana hati masih begitu syahdu .. lembut seperti kapas. Kalau siang hari banyak orang marah, maka tak perlu banyak logika untuk memakluminya.

Alhamdulillah, pagi ini seperti biasa ditemani secangkir kopi berbagi inspirasi. Kali ini hanya sekedar mengingatkan betapa setiap pagi ada nikmat yang perlu disyukuri ; yaitu kita dihidupkan kembali, begitu pula ketenangan pagi hari yang tidak bisa digantikan oleh waktu manapun. Saya dan anda berhak untuk menikmati pagi ini. Mengoptimalkan kesiapan menyambut hari.

Oya, tapi saya lupa .. hari ini hari Ahad. Termasuk hari yang dinanti-nanti. Setiap satuan waktu ada selalu yang kita nanti. Setiap tahun kita menanti Ramadhan. Setiap pekan kita menanti Jumat. dan setiap hari kita menanti pagi. Semoga Allah memberkahi pagi kita ini. Selamat mengisi libur pekanan dalam dekapan kasih sayang keluarga anda tercinta. Salam optimis dan kita akhiri dengan sedikit inspirasi nabawi :

    عَنْ صَخْرٍ الْغَامِدِيِّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لِأُمَّتِي فِي بُكُورِهِمْ قَالَ فَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا بَعَثَ سَرِيَّةً بَعَثَهَا أَوَّلَ النَّهَارِ   وَكَانَ صَخْرٌ رَجُلًا تَاجِرًا وَكَانَ لَا يَبْعَثُ غِلْمَانَهُ إِلَّا مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ فَكَثُرَ مَالُهُ حَتَّى كَانَ لَا يَدْرِي أَيْنَ يَضَعُ مَالَهُ

    Dari Sohr al-Ghomidi dari Rasulullah SAW bahwa beliau berdoa : " Ya Allah berkahilah umatku pada pagi hari mereka " , dan Rasulullah SAW jika mengirim pasukan senantiasa di pagi hari, Sokhr juga seorang pedangang, yang tidak pernah mengirim agennya kecuali pada pagi hari. Maka hartanya menjadi banyak sampai ia tidak tahu dimana menyimpannya " (HR Ahmad) 

*coretan beberapa bulan lalu di pagi hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar