15 Jul 2014

Apa yang Bisa Kita Lakukan untuk Palestina ?

Permasalahan Palestina bukan lagi menjadi permasalahan dunia Islam semata, tetapi juga berkaitan dengan pelecehan nikai-nilai kemanusiaan yang dilakukan oleh Israel selama beberapa dasawarsa ini. Rasanya tidak berlebihan jika kita menyebutnya sebagai Pekerjaan Rumah terbesar Umat Islam pada hari ini, sekaligus hutang sejarah kepada Amirul Mukminin Umar bin Khattab ra serta Panglima Sholahuddin Al Ayubi. Merekalah yang mengembalikan Al-Aqsha ke pangkuan kaum muslimin. Mereka lah yang menyiramkan kedamaian pada tanah suci Al-Quds selama berabad-abad lamanya. Hingga datang kepongahan-kepongahan silih berganti mencabik-cabik kedamaian dan kerukunan antar umat beragama di sana.

Selain itu, permasalahan Palestina yang terjajah juga senantiasa mengusik sikap patriotisme dan nasionalisme kita. Dimana sebagai warga negara Indonesia, kita merasakan sepenuhnya betapa getirnya hidup di bawah belenggu penjajahan. Karenanya menjadi sangat wajar, jika kemudian UUD 1945 mengamanahkan dan menegaskan penolakan atas segala bentuk penjajahan di muka bumi ini.

Barangkali sebagian kita bertanya dengan sedikit bernada apatis, apa sebenarnya yang bisa kita perbuat untuk palestina ? Setelah para pemimpin Arab dan PBB berbusa-busa mencari solusinya ?. Jangan putus asa sobat, setidaknya ada beberapa hal sederhana yang saat ini bisa kita lakukan sebagai bukti kepedulian kita terhadap permasalahan Palestina. 

1. Terus memanjatkan doa secara rutin dan khusus bagi saudara kita di Palestina,  baik di luar sholat maupun ketika doa qunut. Doa adalah bentuk lain dari sebuah optimisme dan pengharapan. Selain itu, doa seorang kepada saudaranya lain termasuk doa yang potensial untuk terkabul karena dikuatkan oleh doa yang sama dari malaikat yang mendengar doa tersebut.

2. Meyakinkan OPINI internal kaum MUSLIMIN tentang permasalahan Palestina, dengan menulis dan memberikan gambaran permasalahan yang sebenarnya terjadi di Palestina. Banyak sekali kaum muslimin belum sadar dengan permasalahan palestina. Sebagian besar masih mengira hanya sebatas permasalahan internal negara-negara Arab.

3. Melakukan AKSI MUNASHOROH atau DEMONSTRASI yang terkoordinasi dengan baik, legal dan simpatik.Hal yang semacam ini terkadang senantiasa dirindukan untuk membangkitkan kembali semangat pembelaan dan solidaritas terhadap bangsa yang terjajah ini.

4. Berusaha untuk menjauhi  produk-produk yang jelas-jelas mendukung penuh agresi Yahudi. Ini harus dikuatkan kembali dengan fatwa ulama dan data yang valid, serta tetap harus menjaga ukhuwah antar sesama muslim.

5. Menggalang DANA untuk perjuangan Palestina baik bersifat formal maupun non-formal. Sedikit ataupun banyak dengan penuh konsistensi dan kesabaran. Lebih utama lagi jika berhasil menggalang dukungan perusahaan-perusahaan muslim yang besar untuk peduli terhadap permasalahan ini. Jangan lupa jika ada potensi dana zakat yang berlebih, maka status bangsa terjajah sebenarnya cukup syarat bagi bangsa Palestina untuk menjadi mustahiq (sasaran distribusi zakat).

6. Mengikuti TERUS INFO dan PERKEMBANGAN permasalahan Palestina, dan jangan biarkan hati kita mulai bosan dan jenuh mendengarkannya. Barangkali hal semacam ini bisa terus mendekatkan dan menghidupkan hati kita, agar senantiasa prihatin dan simpati dengan yang terjadi disana.

Demikian hal-hal yang bisa kita lakukan untuk Palestina. Semoga Allah memudahkan.
Untuk donasi Palestina bisa melalui Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP)  yang mempunyai rekening di :

BCA (Bank Central Asia)
Cab. Jatinegara Barat, Rekening No. : 7600.3250.99 an. Komnas untuk Rakyat Palestina

BSM (Bank Syariah Mandiri)
Cabang Kelapa Gading, Rekening No. : 701 836 2133  an. Komnas untuk Rakyat Palestina

website : http://knrp.or.id

Silahkan dishare. Semakin banyak yang menyebarkan kebaikan ini, insya Allah semakin banyak doa-doa yang terpanjatkan, dana-dana yang tersalurkan, untuk masa depan Palestina yang lebih baik. Amiin.

3 komentar:

  1. Assalamu'alaykum. wr.wb
    Subhanallah Ustadz..Semoga kita tetap istiqomah untuk membantu perjuangan palestina.

    BalasHapus
  2. ana dah pasang ustad, di blog ana.
    http://spiritoflearner.com

    BalasHapus