4 Agu 2009

Melayani Teknologi

Note ini ditulis sambil menunggu download file full flashing buat Motorola L6i, sekalian software flashingnya : RSD Lite. Di laptop sebenarnya sudah ada software P2K Tool dan Flash & Back Up versi 3 buat flash Motorola. tapi sejak tadi pagi sudah saya coba untuk menyembuhkan Motorola L6i masih gagal terus. Akhirnya harus kembali mengacak-acak situs modifikasi Motorola luar negri buat cari obatnya.

Tadi siang sempat memutuskan ke counter di Carefour sepulang dari kampus. Tapi apa kata counter ? Wah softwarenya ndak ada .. lagian kabel datanya juga susah nyarinya ? ke grandmall aja mas langsung ke Motorola center, paling gak sampe lima pulun ribu.
Wah ni penjaga counter agak berlebihan, lha wong kabel data L6i itu standart port USB kok dibilang susah. Mungkin belum pernah megang Motorola ya … husnudzhon sejenak.. Limapuluh ribu buat servis ? wah HP jadul ini kalo gak salah dijual lagi juga gak nyampe 350 ribu kok kalo ke counternya. He2 .. mending buat browsing internet nyari obatnya.

Bukan apa-apa, karena memang sejak setengah tahunan ini saya punya hobbi selingan yaitu ngoprek-oprek HP, hack dst .. tentu saja yg berhubungan dengan softwarenya. Tipsnya ya sederhana, rasa ingin tahu yang besar plus koneksi internet. Melanglang buana ke situs-situs luar negri, disana HP sudah jadi kayak motor, dimodifikasi sana-sini

Pengalaman pertama dengan nokia E61i yang mirip2 kalkulator, setelah menjejali dengan ragam aplikasi plus gonta-ganti tema hasil download di internet, tertarik untuk hack HP Nokiaberry tersebut, hasilnya sempat gagal di awal bahkan harus restart ulang, tapi setelah itu sukses dan akhirnya bias menulis huruf arab di HP tersebut …dan seterusnya..dan seterusnya, E61i dengan system operasi terbuka Symbian 60v3 tentu menggoda hati untuk menjejali dengan ragam macam aplikasi . Salah satu aplikasi yang berkesan tentu saja adalah Mushaf Tafshir. Sempat ngisi kajian rutin Tafsir di Masjid An-Nuur begalon dengan membuka aplikasi tersebut. Entah apa yang ada dalam benak para jamaah …

Pengalaman berikutnya dengan Nokia 9300 communicator, kali ini hanya sederhana yaitu ganti skinnya dengan tema mirip windows XP dan Vista. Hanya sehari setelah terbeli, layer landscape komunikatorpun berubah serasa Desktop PC atau laptop di rumah. Alhamdulillah. Padahal setengah tahun lebih tahun 2008 yang lampau, saya juga pernah pakai communicator N9500, tapi ndak sempat merubah apa-apa. Maklum masih gaptek ..

Nah, yang terakhir ini Motorola L6i yang murah meriah, tapi cukup bandel buat modem internet saat di rumah. Maklum di rumah sinyal 3G indosat M2 belum ketangkap, jadi rasa-rasanya cukup buat browsing dan download ringan di rumah bersama anak istri. Belum puas dengan tampilan yang ada, akhirnya kembali melanglang situs modifikasi buat ganti skinnya. Ketemu skin ala Iphone 3G di situs modmymoto.com , jadilah HP jadul seharga 450 ribu ini berasa iphone 3G yg seharga 9 juta ….

Belum puas, segera cari file-file buat ganti jenis huruf dan bahasanya. Alhamdulillah ketemu language pack yang bahasa arab, jadi seluruh menu bisa ditampilkan dalam bahasa favorit tersebut, plus bisa smsan dengan huruf arab juga.. Belum puas dengan itu, kapasitas memory L6i yang Cuma 10 MB pun akhirnya saya jejali dengan aplikasi java opera mini (buat FB-an dan baca detik.com), mushaf quran dan juga Notepad untuk menulis catatan ringan. Walhasil, HP sederhana tsb ndak kalah dengan HP seharga sejutaan ke atas. Jika buat modem, dengan beberapa tips di Firefox dan Windowsnya, plus settingan open DNS insya Allah kecepatan tidak terlalu mengecewakan. Apalagi jika pas pagi hari setengah jam setelah shubuh …. Cukup buat download file-file e-book reader yang dibawah 10-MB an.

Yah, semua cerita yang menyenangakan. Semalam dan tadi pagi memang ada permasalahan .. setelah ganti kartu IM2 buat internetan, ternyata yang muncul di layar adalah format bootloader, beberapa kali flash pakai FB versi 3, belum ada perubahan. Akhirnya sore ini ke warnet ( setelah siang ditolak counter) untuk mencari obatnya. Alhamdulillah, secara teori sudah ketemu, beberapa file telah di download … tinggal nanti dirumah di praktekkan. Semoga sukses sebagaimana percobaan-percobaan sebelumnya. Semoga lancer dan lepas maghrib nanti bisa mengisi Kajian Hadits Arbain di masjid Marwah. Yah, hari ini lumayan menyisihkan waktu untuk melayani teknologi, bisa dibayangkan HP ini mati sejak pagi mati tidak bisa dihubungi. Semoga tidak ada amanah-amanah yang terlewat karenanya. Semoga Allah memudahkan …..

2 komentar:

  1. ustadz nya trial dan error HP nih.... biar lebih lancar da'wah dan presentasi nya.... salut ...

    BalasHapus
  2. mas.. saya udah download skin buat botorola l6 nya trus aktifinya gimana yach?? menta tolong kasih tau donk mas.. skalian perlu software apa lagi?? mohon dibalas yach.. ke email saya soetanch@yahoo.co.id

    BalasHapus